Harga Batubara Diprediksi Masih Dalam Tren Bearish

Mengutip Bloomberg, 26 Februari silam, harga batubara di ICE Futures kontrak pengiriman April 2020 sempat sentuh level terendah di US$ 65,95 per metrik ton.

Namun, harga batu bara, Selasa (3/3) beranjak naik 0,75% dari level terendah ke US$ 66,45 per metrik ton. 

Produksi batu bara global terganggu sentimen dari penyebaran virus corona. Dampaknya, pasokan batu bara global jadi menipis dan mengangkat kembali harga batu bara.

Harga-Batubara-Diprediksi-Masih-Dalam-Tren-Bearish
Harga Batubara Diprediksi Masih Dalam Tren Bearish

Analis Central Capital Futures Wahyu Laksono mengatakan, sentimen virus corona yang mengancam pertumbuhan ekonomi sempat menekan permintaan batubara terutama dari China. Sentimen tersebut wajar membuat harga batu bara terkoreksi. 

Di sisi lain penyebaran virus corona juga menyebabkan produksi batu bara terganggu. Padahal, banyak pabrik dan perusahaan batu bara besar berasal dari China yang kini menutup aktivitas produksi karena penularan virus corona. 

“Kini produksi melemah dan otomatis permintaan berkurang dan harga kembali seimbang berhadapan dengan penurunan permintaan,” jelas dia, Selasa (3/3). 

Harga batubara yang sempat melemah dan sangat murah juga secara teknikal mengundang aksi profit taking dari pelaku pasar. 

Namun, pembalikan harga batu bara saat ini, masih kalah dari pergerakan harga komoditas energi lainnya seperti minyak mentah dan gas alam. 

“Rebound batu bara kurang kuat mungkin karena anjloknya harga juga tidak seburuk minyak dan gas alam,” lanjut Wahyu. 

Baca Juga: Holding BUMN Pertambangan Siapkan Belanja Rp 25 Triliun

Dalam jangka menengah dia memproyeksikan, harga batu bara berpotensi masih lanjutkan koreksi. Menurut Wahyu, meski pasokan batubara menurun tetapi ancaman permintaan yang melemah karena virus corona juga masih menghantui. 

Untuk sepekan ke depan Wahyu memproyeksikan harga batu bara berada di sekitar US$ 63 per metrik ton hingga US$ 72 per metrik ton. Wahyu merekomendasikan sell on strength jika harga batu bara berada di atas US$ 70 per metrik ton.