Harga Batu Bara Turun Tipis!

Menteri ESDM, Arifin Tasrif menetapkan, harga jual pasar untuk komoditas batu bara pada Januari 2020 sebesar 65,93 dolar AS per ton atau turun tipis 0,37 dolar AS per ton dari Harga Batu bara Acuan (HBA) Desember sebesar 66,30 dolar AS per ton. Hal itu sesuai dengan Keputusan Menteri (Kepmen) Nomor 2 K/30 MEM/2020. 

“Penyebab penurunan harga batu bara pada Januari 2020 adalah pengetatan persyaratan impor batu bara ke China serta kinerja impor batubara di negara-negara pengimpor terutama di kawasan Asia seperti China, India, Jepang dan Korea Selatan yang semakin menurun,” ujar Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian ESDM Agung Pribadi di Jakarta, Selasa (14/1).

Baca Juga : Belajar Investasi Saham untuk Pemula

HMA adalah salah satu variabel dalam menentukan Harga Patokan Mineral (HPM) logam. Hal itu berdasarkan formula yang diatur dalam Kepmen ESDM Nomor 2946 K/30/MEM/2017 tentang Formula Untuk Penetapan Harga Patokan Mineral Logam. Variabel penentuan HPM logam lainnya adalah nilai/kadar mineral logam, konstanta, corrective factor, treatment cost, refining charges, dan payable metal.

Besaran HMA ditetapkan oleh Menteri ESDM setiap bulan dan mengacu pada publikasi harga mineral logam pada index dunia. Antara lain oleh London Metal Exchange, London Bullion Market Association, Asian Metal dan Indonesia Commodity and Derivatives Exchange (ICDX).