Harga Batu Bara Terjun Kembali?

Harga Batu Bara Terjun Kembali?

Harga Batu Bara Terjun Kembali?
Harga Batu Bara Terjun Kembali?

Harga batu bara belum menunjukkan gairah untuk melesat. Pada sesi perdagangan batu bara termal acuan Newcastle di akhir pekan lalu ditutup kembali menurun kembali.

Memanasnya konstelasi AS-China menjadi sentimen buruk tambahan bagi harga komoditas ekspor unggulan Indonesia ini.

Kontrak harga batu bara Newcastle turun 2,57% ke US$ 53,1/ton. Sepekan lalu harga batu bara melemah 1,5% dan masih berpotensi kembali turun ke US$ 52/ton yang menjadi level terendah sejak Mei lalu.

Jumlah kasus positif Covid-19 di seluruh dunia yang terus berkembang hingga lebih dari 16 juta orang membuat harga batu bara makin terpuruk. Namun, di sisi lain ketegangan AS-China juga semakin memanas.

AS meminta konsulat China di Houston ditutup, aksi yang kemudian dikecam oleh China dan membuat Negeri Tirai Bambu mengambil kebijakan dengan aksi penutupan konsulat AS di Chengdu.

Ketidakpastian akan kapan berakhirnya pandemi ditambah tensi geopolitik yang tinggi membuat prospek perekonomian menjadi semakin lesu.

Baca Juga: PTBA Mulai Uji Terapan Gasifikasi Batu Bara

Pemulihan ekonomi berpotensi menjadi semakin lama. Harga komoditas yang tertekan menjadi susah naik atau bahkan melorot turun.