Harga Batu Bara Tembus Rekor Tertinggi Lagi

Must read

Kinerja harga komoditas batu bara minggu ke-3 Mei 2021 ditutup dengan kenaikan tajam, yakni mencapai 6,56 persen dan tembus rekor tertinggi di angka US$107,9/ton untuk tahun ini. 

Secacar year to date (ytd) harga batu bara thermal naik menjadi 32 persen. Permintaan batu bara global ditopang oleh permintaan Asia. 

Seolah rem-nya blong, harga batu bara terus melesat. Diprediksi, terdapat kecenderungan para pelaku pasar terutama big money seperti hedge fund masuk ke bursa berjangka dan mengambil posisi long untuk berbagai komoditas. Salah satunya batu bara. 

Tesis investasi yang mereka pegang adalah kenaikan inflasi yang tinggi. Inflasi merupakan salah satu fenomena yang umum dalam perekonomian.

Ketika harga-harga naik berarti daya beli (purchasing power) suatu mata uang turun. 

Tren depresiasi dolar AS di tengah kebijakan moneter ultra longgar dan fiskal countercyclical cenderung mendepresiasi nilai mata uang Paman Sam.

Banyak yang mulai lari mencari perlindungan (hedging) dengan membeli aset-aset yang suplainya tidak bisa dikendalikan sesuka hati oleh otoritas layaknya mata uang fiat.

Sentimen boom komoditas juga ikut menjadi pendorong melesatnya harga bahan mentah yang banyak digunakan sebagai input perekonomian mulai dari minyak mentah, batu bara hingga logam dasar yang aplikasinya banyak untuk konstruksi hingga industri elektronik.

Di sisi lain pelaku pasar juga memanfaatkan momentum ketatnya pasokan batu bara China yang membuat harga domestiknya melambung.

Minggu lalu harga batu bara termal acuan China Qinhuangdao 5.500 Kcal/kg naik lagi dan semakin dekati RMB 1.000/ton. 

Baca Juga: Dear Pengusaha! Royalti Batu Bara Diprediksi Naik Nih

Kenaikan permintaan yang melampaui kapasitas produksi domestik adalah alasan dibalik melejitnya harga batu bara di Negeri Panda. 

Meskipun harga batu bara Newcastle sudah tembus US$ 100/ton, tetapi selisih (spread) harga batu bara China yang masih positif dan lebar memberikan ruang untuk batu bara semakin menguat.

Selagi harga batu bara domestik China belum mau turun, maka harga batu bara termal Newcastle juga enggan untuk melemah.

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article