Harga Batu Bara Tahan Banting & Cetak Rekor Tertinggi

Must read

Harga kontrak batu bara termal ICE Newcastle tahan banting dan terus cetak rekor tertinggi, bahkan per Kamis (17//6/2021) mengalami apresiasi sebesar 1,76% ke US$ 124,25/ton. 

Kuatnya harga batu bara tak terlepas dari dinamika di pasar global. Salah satu yang masih menjadi perbincangan hangat adalah hubungan antara China dan Australia yang tak kunjung membaik. 

China banyak mengimpor batu bara kokas yang digunakan untuk pembuatan baja. Namun hubungannya dengan Negeri Kangguru yang panas membuat Negeri Panda lebih memilih memboikot impor batu bara metalurgi dari India dan beralih ke pemasok lain seperti Amerika Serikat (AS) dan Kanada. 

Meskipun China harus membayar lebih mahal tetapi kebijakan tersebut masih berlaku sampai sekarang. China tak terima atas desakan Australia untuk mengusut tuntas asal-usul Covid-19 seolah memojokkan China sebagai biang kerok pandemi global yang terjadi sampai saat ini. 

Argus melaporkan, ekspor batu bara kokas AS dan Kanada ke China dan Eropa naik pada kuartal pertama tahun 2021 tetapi kalah Australia di pasar lain di tengah memburuknya hubungan China-Australia.

Baca Juga : Ramai-ramai Dijegal tapi Harga Batu Bara masih Kokoh

Melihat harga batu bara yang tetap tahan banting, sulit rasanya menggoyang harga batu bara turun. Melihat harga perdagangan si batu hitam di atas masih berada di posisi tertingginya sepanjang tahun ini dan dalam hampir satu dekade terakhir.  

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article