Harga Batu Bara Pelan-pelan Bangkit ke US$ 90/Ton

Must read

Batu Bara Pelan-pelan Bangkit ke US$ 90/Ton
Batu Bara Pelan-pelan Bangkit ke US$ 90/Ton

Harga batu bara termal ICE Newcastle berjangka pelan-pelan bangkit ke level psikologis US$ 90/ton. Sebelumnya pada penutupan perdagangan kemarin harga batu bara melesat 3,25% dari US$ 86,2/ton menjadi US$ 89/ton.

Setelah sebelumnya mencapai US$ 92/ton pada awal April harga batu bara cenderung anjlok. Bahkan dalam waktu sepekan harga batu bara ambles  7% dan kembali ke level US$ 85/ton.

Hanya saja sejak pertengahan Maret walau harga batu bara turun tetapi sulit keluar ke bawah level US$ 85/ton. Hal ini secara jelas membuat rata-rata harga batu bara sepanjang tahun 2021 jauh lebih tinggi dari rata-rata harganya pada periode yang sama tahun 2020.

Bagaimanapun juga harga batu bara termal Australia masih ditopang dengan harga batu bara acuan China yang juga terbilang masih mahal. Di Minggu lalu harga batu bara termal Qinhuangdao naik 7% dan membawanya ke level RMB 748/ton. Harga Mini tentu saja berada jauh di atas rentang target harga pemerintah di RMB 500 – RMB 570/ton. 

Selain itu, tren arus perdagangan batu bara global juga mengalami pemulihan. Hal ini tampak dari aliran perdagangan batu bara yang mengalami kenaikan di bulan November tahun lalu di kisaran 80 juta ton menjadi hampir 100 juta ton pada Desember.

Baca Juga : Moon Express ! Robot Eksplorasi Tambang Mineral di Bulan

Kendati demikian, hal yang dikhawatirkan adalah terkait kenaikan kasus infeksi wabah Covid-19 di negara konsumen batu bara terbesar kedua di Asia setelah China yaitu India.

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article