Harga Batu Bara Ogah Turun!

Harga Batu Bara Ogah Turun!

Harga Batu Bara Ogah Turun!
Harga Batu Bara Ogah Turun!

Perdagangan batu bara sempat memanas seiring perang dagang antara China dan Australia.

Kendati perang dagang tersebut belum mereda, harga kontrak futures (berjangka) batu bara termal Newcastle tetap kokoh berada di rentang level tertingginya dalam 7 bulan terakhir. 

Tercatat, dalam sesi perdagangan kemarin (16/11/2020), harga kontrak futures batu bara ICE Newcastle ditutup flat alias tak mengalami pergerakan sama sekali.

Harga kontrak batu bara yang teraktif ditransaksikan itu anteng di level US$ 62,6/ton.

Menurut data Refinitiv, ekspor Australia untuk jenis batu bara kokas dan batu bara termal ke China mencapai 3,35 juta ton pada Oktober atau naik sedikit dari 3,31 juta pada September, tetapi turun drastis dari 12,33 juta pada Juni yang menjadi bulan terkuat sepanjang tahun ini.

Kendati impor batu bara dari China mengalami penurunan yang signifikan belakangan ini, ekspor batu bara Australia tampaknya tidak terlalu signifikan terdampak karena diimbangi dengan peningkatan ekspor ke destinasi lain yaitu India, Korea Selatan dan juga Jepang. 

Baca Juga: Batu Bara Menguat Tanda Ekonomi Sehat?

Ekspor ke India dalam pada bulan September tahun ini tercatat sebesar 5,97 juta ton.

Namun, impor batu bara India dari Australia sebagian besar merupakan batu bara kokas dan oleh karena itu hanya berdampak kecil pada harga batu bara termal.