Harga Batu Bara Ngegas Sebab Pasokan China Menipis

Must read

Pekan ini harga batu bara kembali meroket ke level US$ 85/ton akibat menipisnya pasokan di China. Tetapi, jika  melihat ke belakang harga emas hitam ini sempat  tertahan di kisaran US$ 90/ton, dan cenderung bolak-balik dari levelnya yang sekarang.

Menukil data Refinitiv, harga batu bara ICE Newcastle untuk kontrak Juli sepanjang pekan ini melesat 6,14% ke US$ 90,75/ton. Sementara pada pekan lalu merosot 5,9%.

Dari laporan media setempat, Provinsi Shanxi sebagai penghasil batu bara terbesar kedua di China telah menghentikan operasi di empat tambang karena melanggar aturan keselamatan. Tentunya hal ini berdampak pada pengurangan pasokan batu bara dalam negeri China. 

Untuk diketahui, operasi di tambang ini resmi dihentikan setelah administrasi darurat Shanxi melakukan pemeriksaan keamanan di 24 tambang lokal selama 11-21 April. Administrasi menemukan 384 pelanggaran peraturan keselamatan dan mengenakan sanksi berupa denda senilai U$ 608.000.

Baca Juga : China Jadi Penyokong saat Harga Batu Bara Melesat

Pasokan China yang berkurang sudah pasti mengerek batu bara, mengingat ramalan permintaan terhadap komoditas ini sangat tinggi ke depannya. Keadaan ini sebenarnya terjadi karena perekonomian China diramal akan tumbuh hingga 8,4% di tahun 2021.

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article