Harga Batu Bara Melesu

Harga Batu Bara Melesu

Harga-Batu-Bara-Melesu
Harga Batu Bara Melesu

Pada penutupan perdagangan Kamis (2/4/2020), harga batu bara kontrak futures Newcastle drop 2,95% ke level US$ 64,25/ton.

Artinya sejak mencapai level tertinggi di bulan Maret pada Jumat (27/3/2020) pekan lalu di US$ 71,65. Harga batu bara anjlok 9,8%.

Harga batu bara termal kemarin ditutup melemah. Anjloknya harga batu bara termal (6.000 Kcal/Kg) kontrak Newcastle dipicu oleh sentimen negatif dari rendahnya harga Liquefied Natural Gas (LNG).

Harga batu bara memang cenderung stabil jika dibandingkan dengan harga komoditas lain seperti minyak mentah.

Namun saat ini. Harga batu bara terutama batu bara termal yang banyak digunakan di Korea Selatan, Jepang dan Taiwan juga terancam mengalami koreksi yang dalam.

Pasalnya, harga gas alam cair atau LNG sudah sangat murah. Harga LNG yang drop akan membuat orang beralih dari batu bara ke gas (coal to gas switch).

Baca Juga: Pelanggan Industri Dapat Diskon Tarif Listrik

Harga LNG Spot pada 27 Maret lalu sudah berada di US$ 2,8/mmBtu. Harga LNG telah ambles 59% terhitung sejak pertengahan Oktober tahun lalu ketika harga mencapai US$ 6,8/mmBtu.

Jika mengacu pada data historis, kalkulasi batas bawah harga untuk membuat Jepang beralih dari batu bara ke gas adalah US$ 4,76/mmBtu dan US$ 6,61/mmBtu di Korea Selatan. Namun saat ini harga sudah berada di bawah batas ambang tersebut.