Harga Batu Bara di ICE Eropa Tertinggi dalam Sebulan

Harga Batu Bara di ICE Eropa Tertinggi dalam Sebulan

Harga-Batu-Bara-di-ICE-Eropa-Tertinggi-dalam-Sebulan
Harga Batu Bara di ICE Eropa Tertinggi dalam Sebulan

Di samping rencana Eropa berkomitmen mengurangi penggunaan batu bara dan beralih ke energi alternatif, tidak membuat harga batu bara lesu. Harga batu bara justru menguat. 

Harga batubara yang diperdagangkan di bursa komoditas internasional awal pekan alami lonjakan hingga naik ke posisi tertinggi sebulan pada akhir sesi Selasa dinihari WIB (7/7/2020), melanjutkan trend bullish perdagangan akhir pekan lalu.  

Rally harga batubara mendapat sentimen dari optimisme investor global terkait rebound ekonomi AS dan China.

Pertimbuhan ekonomi global memberikan sentimen positif bagi perdagangan batubara yang sudah lama sepi permintaan dan diperlemah lagi masa pandemi covid-19 ini.

Investor juga berharap akan demand dari China jika ekonomi negara tersebut menguat, dikarenakan beberapa bulan terakhir China menunda impor batubara.

Harga batubara NewCastle  untuk kontrak batubara berjangka yang ramai diperdagangkan yaitu kontrak bulan Agustus 2020 di ICE Eropa ditutup pada posisi US$55,40, merupakan posisi tertinggi sejak perdagangan 10 Maret.

Harga alami kenaikan  US$0,95 atau 1,74% dari penutupan sesi sebelumnya. Awal sesi harga dibuka pada posisi yang sama di US$55.25.

Baca Juga: Ini Penyebab Harga Batu Bara Berfluktuasi

Pergerakan kuat harga batubara di bursa internasional juga mendapat sentimen positif dari pergerakan tinggi harga minyak mentah dunia. Serta lonjakan harga gas alam pada sesi yang sama.

Terpantau harga minyak mentah jenis Brent naik 0,70% dari sesi sebelumnya. Demikian untuk harga gas alam melonjak hingga 7% lebih.