Harga Batu Bara Bikin Kontraktor Kalem

Must read

Harga Batu Bara Bikin Kontraktor Kalem

Harga Batu Bara Bikin Kontraktor Kalem
Harga Batu Bara Bikin Kontraktor Kalem

Kontraktor jasa pertambangan belum sepenuhnya ikut bergembira dengan meningkatnya transaksi perdagangan batu bara. 

masih wait and see menyikapi kesepakatan dagang untuk meningkatkan ekspor batubara dari Indonesia ke China.

Di tengah tekanan industri batubara seperti sekarang, pelaku usaha jasa pertambangan berharap bisa ikut mencuil cuan dari peluang tersebut.

Direktur Eksekutif Asosiasi Jasa Pertambangan Indonesia (Aspindo) Bambang Tjahjono membeberkan, saat ini sektor jasa pertambangan terdampak pandemi covid-19 seiring dengan penurunan pasar secara global.

Efek paling besar terasa pada kontraktor di tambang kecil dan kalori rendah.

“Pada tambang besar dan kontraktor besar, yang terasa berat adalah pengelolaan manpower, karena harus melakukan lockdown. Tetapi rotasi pada akhirnya tetap harus dilakukan dengan mematuhi protokol kesehatan,” sebut Bambang.

Adanya kesepahaman (MoU) antara Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI-ICMA) dengan CCTDA (China Coal Transportation and Distribution) untuk meningkatkan ekspor batubara termal menjadi prospek positif untuk pemulihan industri pertambangan di tahun depan. 

Kendati begitu, sentimen positif itu belum secara otomatis berdampak terhadap sektor jasa pertambangan.

Pasalnya, masih ada sejumlah kondisi yang harus diamati Apalagi, komitmen antara APBI dan CCTDA masih berupa MoU yang  tergantung bagaimana kesepakatan lanjutannya.

Di luar MoU tersebut, Bambang menjelaskan bahwa ada faktor lain yang mesti diperhatikan, mulai dari faktor global hingga dalam negeri.

Baca Juga: Minyak Sintetis dari Batu Bara

Seperti relasi China dan Australia dalam perdagangan batubara, sentimen kebijakan Amerika Serikat pasca Pilpres, hingga pemulihan ekonomi global dan kebutuhan pasar terhadap energi. 

1 COMMENT

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article