G20 Berkomitmen Jaga Stabilitas Pasar Energi

G20 Berkomitmen Jaga Stabilitas Pasar Energi

G20-Berkomitmen-Jaga-Stabilitas-Pasar-Energi
G20 Berkomitmen Jaga Stabilitas Pasar Energi

G20 menyadari pentingnya pasar energi yang stabil dan ketahanan energi yang andal. Dalam hal ini, pasar yang mengutamakan prinsip terbuka, transparan dan kompetitif.

Negara anggota G20 berkomitmen untuk menjaga stabilitas dan ketahanan energi di tengah wabah virus corona. Hal itu menjadi hasil Extraordinary G20 Energy Ministers’ Meeting pada Jumat (10/4) lalu.

“Kami berkomitmen untuk bekerja bersama dalam semangat solidaritas pada tindakan segera dan nyata untuk mengatasi masalah ini dalam masa darurat internasional yang belum pernah terjadi sebelumnya,” demikian pernyataan bersama para menteri negara anggota G20. Seperti dikutip dari keterangan Kementerian ESDM, Senin (13/4).

Sementara, wabah virus corona telah membuat permintaan energi global merosot. Harga minyak dunia juga anjlok yang dapat berdampak pada investasi dan pertumbuhan ekonomi.

Baca Juga: Emas Terus Berkilau

Untuk itu, pertemuan virtual tersebut juga menyepakati dibentuknya focus group yang bertugas memastikan tindakan respon terkoordinasi dan aksi korektif diimplementasikan demi memastikan stabilitas dan ketahanan pasar energi.

Focus group tersebut bersifat sukarela, terbuka bagi semua anggota G20 dan bekerja dalam waktu terbatas serta akan melaporkan hasil penilaiannya bekerja sama dengan organisasi internasional yang relevan kepada para Menteri Energi G20.