ESDM dan TNI AL Teken Komitmen Migas Lepas Pantai

Must read

ESDM dan TNI AL Teken Komitmen Migas Lepas Pantai
ESDM dan TNI AL Teken Komitmen Migas Lepas Pantai

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (Kementerian ESDM) dan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut (TNI AL) menandatangani komitmen Perbantuan Personel TNI AL dalam pengawasan minyak dan gas bumi (migas) di lepas pantai.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji menyatakan, kerja sama pengawasan ini telah terjalin sejak 1967 melalui Staf Khusus Urusan Maritim Minyak dan Gas Bumi (Susmar Migas). 

“Alhamdulilah, pada hari ini perjanjian kerja sama (PKS) antara Kementerian Energi c.q Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi dengan TNI Angkatan Laut direvisi sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku, guna ditandatangani antara kedua belah pihak,” kata Arifin Tasrif pada Rabu (31/3/2021).

Ia menambahkan, adanya Susmar Migas sangat berperan penting dalam pelaksanaan dan  pengawasan kegiatan migas di lepas pantai serta membantu pengamanan objek vital nasional dari aspek kemaritiman. Saat ini pemerintah tengah berfokus pada target produksi 1 juta barel per hari dan 12 miliar standar kaki kubik gas per hari (BSCFD).

Baca Juga : Menko Luhut Blak-blakan Soal Proyek Smelter

“Untuk itu peranan Susmar Migas diperlukan dalam mendukung target pemerintah dengan pola bekerja cepat, cermat dan produktif,” sambungnya.

Terkait kerja sama ini, kedua belah pihak harus menaati segala perjanjian dengan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara. Selain itu, Perjanjian komitmen ini diharapkan dapat meningkatkan sinergi dan soliditas yang lebih erat lagi antara Kementerian ESDM dan TNI AL.

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article