ESDM Berkomitmen Dorong Pengelolaan Minerba Berkelanjutan

0
53
ESDM Berkomitmen Dorong Pengelolaan Minerba Berkelanjutan
ESDM Berkomitmen Dorong Pengelolaan Minerba Berkelanjutan

Pemerintah akan memprioritaskan peningkatan nilai tambah sektor mineral dan batu bara (minerba) melalui hilirisasi pertambangan.

Pemerintah Indonesia melalui Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyatakan komitmennya untuk mendorong adanya pengelolaan sektor mineral dan batu bara (minerba) secara berkelanjutan. 

Menteri ESDM Arifin Tasrif menjelaskan, terkait sektor minerba saat ini masih memegang peranan penting, tidak hanya sebagai sumber pendapatan nasional saja. Oleh sebab itu, pemerintah akan memprioritaskan peningkatan nilai tambah sektor mineral dan batu bara melalui hilirisasi. 

Misalnya seperti pemanfaatan unsur tanah jarang, kemudian pemanfaatan komoditas nikel untuk bahan baku baterai dan kegiatan sirkuler ekonomi di sektor pertambangan. 

“Sehingga bahan galian tidak hanya sebagai komoditas penerimaan negara tetapi juga sebagai suplai dalam mengembangkan industri dalam negeri,” kata Arifin. 

Percepatan hilirisasi di sektor mineral salah satunya untuk mendukung program kendaraan listrik. Indonesia sudah membentuk holding BUMN baterai yang dapat menjadi entitas rantai pasok produksi dari hulu hingga hilir. 

“Indonesia ditargetkan menjadi pemasok baterai EV pada tahun 2025,” ujarnya. 

Baca Juga : Hilirisasi Batu Bara Berpotensi Naikan Nilai Ekonomi Negara

Untuk smelter, Indonesia sendiri menargetkan pembangunan 53 smelter hingga tahun 2024. Adapun hingga saat ini realisasinya baru mencapai 19 smelter dan sebagian besar digunakan untuk pengolahan nikel.

Sedangkan di sektor batu bara, pemerintah mendesak proyek gasifikasi batu bara menjadi dimethyl ether (DME) dapat segera dikembangkan. Supaya sektor batu bara dapat digunakan sebagai bahan baku industri atau sumber energi yang lebih ramah lingkungan. Sektor minerba dinilai masih cukup menjanjikan. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here