ESDM Beri Sinyal IUPK Terbit

ESDM Beri Sinyal IUPK Terbit

ESDM Beri Sinyal IUPK Terbit
ESDM Beri Sinyal IUPK Terbit

Angin segar berhembus di dunia pertambangan setalah terus menerus diterpa badai Covid-19.

Pemerintah melalui Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif memberi tanda positif terkait penerbitan Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK).

Berdasarkan catatan ada satu Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batubara (PKP2B) yang segera habis kontrak, dan sedang dalam proses pengajuan perpanjangan kontrak kerja.

Menteri ESDM Arifin Tasrif menyatakan, kendati Undang-Undang No. 3 Tahun 2020 atau UU Minerba yang baru sedang dalam proses gugatan uji formil di Mahkamah Konstitusi (MK).

Tapi, Kementerian ESDM tetap melakukan proses evaluasi pemberian IUPK sebagai rencana perpanjangan kontrak pertambangan.

“IUPK baru ini belum ada. Mungkin tahun ini ada satu yang memang dalam proses. Kita sedang melakukan klarifikasi, meskipun masih ada proses di dalam MK,” kata Arifin dalam Rapat Kerja bersama Komisi VII DPR RI yang digelar Rabu

Menurut Arifin, jaminan keberlanjutan usaha menjadi pertimbangan utama mengapa evaluasi perpanjangan izin terus digelar. Apalagi, hal tersebut juga akan berdampak terhadap penerimaan negara.

“Meskipun masih ada proses di dalam MK tapi kami juga meng-consider bahwa kelangsungan usaha bisa menjadi pertimbangan utama. Karena kalau tidak, negara akan kehilangan pendapatannya,” sebut Arifin.

Baca Juga: Soft Skill Penting Saat Bekerja di Perusahaan Tambang

Berbarengan dengan itu, Kementerian ESDM juga sedang merampungkan rancangan Peraturan Pemerintah (PP) sebagai aturan turunan dari UU Minerba yang baru. Arifin menargetkan, PP tersebut bisa terbit pada akhir tahun ini.