Emiten Ini Berpotensi Melemah Berkat Anjloknya Minyak

Emiten Ini Berpotensi Melemah Berkat Anjloknya Minyak

Emiten-Ini-Berpotensi-Melemah-Berkat-Anjloknya-Minyak
Emiten Ini Berpotensi Melemah Berkat Anjloknya Minyak

Harga minyak dunia yang semakin merosot mengancam kinerja sebagian emiten, khususnya yang bergelut di bisnis minyak dan gas (migas).

Vice President Research Artha Sekuritas Frederik Rasali menilai. Dua emiten yang terdampak langsung penurunan harga minyak dalam jangka pendek adalah PT. Elnusa Tbk (ELSA) dan PT. AKR Corporindo Tbk (AKRA).

Frederik mengatakan, kedua emiten ini berpotensi buntung karena aktivitas jual beli minyak mentah yang menggunakan reference price global.

“Namun bila ke depanya konsumsi kembali meningkat maka justru kedua emiten ini bisa berbalik untung karena memiliki ongkos yang rendah tetapi harga jual bisa meningkat,” terang Frederik.

Untuk emiten lain yang membutuhkan minyak sebagai bahan bakar seperti emiten pelayaran dan kontraktor tambang. Frederik menilai emiten-emiten ini masih menghadapi masalah penjualan.

Baca Juga: Formula Perhitungan Harga KDI, WIUP dan WIUPK Terbaru

Dia menilai, utilisasi kapal rata-rata belum optimal sedangkan harga pelayaran juga masih terus turun. Dus, ongkos yang lebih murah pun belum bisa membuat perusahaan untung begitu saja.

“Hal kedua yang perlu diperhatikan apakah (pelemahan harga) ini sifatnya sementara. Karena kasusnya hanya produksi di Amerika Serikat (AS) yang terlalu banyak,” sambung dia.