Emiten Batu Bara Pertahankan Panduan Harga Jual

Emiten Batu Bara Pertahankan Panduan Harga Jual

Emiten-Batu-Bara-Pertahankan-Panduan-Harga-Jual
Emiten Batu Bara Pertahankan Panduan Harga Jual

Sekretaris Perusahaan PT. Bukit Asam Tbk. Hadis Surya mengatakan bahwa meskipun ASP batu bara perseroan pada kuartal pertama tahun ini mengalami penurunan hingga 3-5 persen.

Perseroan masih percaya diri dengan panduan ASP yang ditetapkan untuk tahun ini.

Sejumlah emiten batu bara dalam negeri optimistis harga emas hitam itu akan berangsur meningkat ke kisaran yang lebih tinggi setelah pandemi Covid-19 ini berakhir.

Bahkan, sejumlah emiten masih mempertahankan panduan average selling price (ASP) batu baranya untuk tahun ini.

Emiten bersandi PTBA itu masih memandang optimis harga batu bara untuk bergerak lebih baik setelah wabah Covid-19 berlalu.

Adapun, salah satu indikasinya, lanjut Hadis, terlihat dari meningkatnya permintaan kebutuhan batu bara dari China.

“Sampai dengan saat ini belum ada revisi proyeksi harga jual batu bara perseroan. Tetapi analisis terhadap kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi kedepan senantiasa akan dilakukan,” ujar Hadis kepada Bisnis.com akhir pekan lalu.

Senada, Direktur dan Corporate Secretary PT. Bumi Resources Tbk. Dileep Srivastava juga mengatakan belum akan merevisi panduan ASP batu bara pada tahun ini.

Baca Juga: OPEC+ Sah Pangkas Minyak Global

Adapun, ASP batu bara emiten bersandi BUMI pada tahun ini berada di kisaran US$51-US$53 per ton dengan perkiraan volume penjualan sekitar 22 juta ton, yang merupakan level tertinggi sepanjang sejarah.

“Penjualan dan output kami cukup kuat saat ini dan harga batu bara global pun masih cukup bertahan di level yang cukup aman. Jadi tidak ada perubahan panduan ASP,” ujar Dileep kepada Bisnis.