Emas Dunia Naik, Antam Malah Turun

Emas Dunia Naik, Antam Malah Turun

Emas-Dunia-Naik-Antam-Malah-Turun
Emas Dunia Naik, Antam Malah Turun

Harga emas Antam hari ini turun Rp. 5.000 menjadi Rp. 895 ribu per gram.

Meski harga emas dunia mulai menanjak pagi ini setelah turun pada perdagangan kemarin.  

Dikutip dari Reuters, harga emas pagi ini naik tipis 0,09% ke posisi US$ 1.724,17 per ons. Setelah kemarin turun 0,1%.

Sementara emas berjangka turun 0,04% ke posisi US$ 1.724,1 per ons.

“Emas melepaskan keuntungan sebelumnya karena beberapa positif laporan dari Beijing bahwa mereka mulai mengendalikan wabah. Data klaim pengangguran semakin baik. Situasi ekonomi mungkin menjadi lebih baik pada akhirnya,” kata Edward Moya, Analis Pasar Senior di Broker OANDA.

Klaim awal untuk tunjangan pengangguran di sejumlah negara bagian AS turun selama 11 minggu berturut-turut. Mendorong klaim menjauhi rekor 6,867 juta pada akhir Maret. Namun, langkah pemulihan pasar tenaga kerja AS tampaknya masih tersendat.

Di Tiongkok, kekhawatiran akan ‘gelombang kedua’ pandemi agak mereda, seperti yang dikatakan seorang ahli medis Beijing bawah wabah baru mulai terkendali.

Kendati demikian, infeksi yang terus meningkat di seluruh dunia menjadi pendorong harga emas.

Logam mulia sempat mendekati level tertinggi dalam sepekan terakhir di awal sesi perdagangan kemarin. 

Baca Juga: Pelaku Tambang Minta Aturan Pendukung Segera Tersedia

“Risiko yang sedang berlangsung terhadap pemulihan ekonomi global, terutama berkaitan dengan lonjakan terbaru dalam kasus virus di AS dan Tiongkok terus mendukung aksi harga emas. Namun demikian, kurangnya permintaan fisik kemungkinan akan membuat emas bertahan US$ 1.700 – US$ 1.750 dalam waktu dekat, “kata MKS PAMP dalam sebuah catatan.

Sementara harga emas Antam untuk seluruh produk berdasarkan bobotnya turun. Harga penjualan kembali emas Antam juga turun Rp 6.000 menjadi Rp 784 ribu per gram.