Ekspor Tambang Batu Bara Belum Terdampak Corona

Ekspor Tambang Batu Bara Belum Terdampak Corona

Ekspor-Tambang-Batu-Bara-Belum-Terdampak-Corona
Ekspor Tambang Batu Bara Belum Terdampak Corona

Penyebaran Covid-19 atau virus Corona memang sudah sampai ke Indonesia bahkan ke beberapa daerah di negeri ini dan berbagai pencegahan sudah dilakukan.

Mesti demikian hingga saat ini ekspor batu bara dari Bumi Tambun Bungai ini masih berjalan lancar seperti biasanya.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Kalteng Ermal Subhan mengatakan, Covid-19 saat ini tidak mempengaruhi pengiriman batu bara ke luar Indonesia.

Pasalnya, ekspor yang dilakukan adalah hanya menurunkan muatan dari kapal saja bukan menurunkan penumpang.

“Sementara orang-orangnya tidak turun kapal, hanya barang muatan saya yang boleh diturunkan. Jadi tidak ada pengaruh/kendala atas wabah virus Corona ini,” katanya saat diwawancarai di Kantor Gubernur Kalteng, Selasa 17 Maret 2020.

Baca Juga: Harga Emas Terjungkal

Ia mengatakan, berkenaan dengan para pekerja, untuk saat ini dinyatakan masih aman.

“Karena pekerja dilapangan bukan dari orang luar negeri, dengan demikian, pengiriman batu bara dari Kalteng hingga saat ini berjalan dengan baik dan masih lancar seperti biasanya,” terang Ermal.

Bahkan, lanjutnya tidak ada penurunan permintaan, meski adanya virus corona ini permintaan batu bara ke Kalteng tetap seperti biasanya.

”Saat ini pengusaha Kalteng mengirim batu bara ke China, Thailand, Singapura dan Vietnam. Royalti pun tidak menurun, bahkan hingga Maret 2020 ini royalti Kalteng di ESDM telah mencapai Rp500 miliar lebih,” pungkasnya.