Ekspor Indonesia Tumbuh Pesat Ditopang Sektor Pertambangan

0
6
Ekspor Indonesia Tumbuh Pesat Ditopang Sektor Pertambangan
Ekspor Indonesia Tumbuh Pesat Ditopang Sektor Pertambangan

Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan kinerja ekspor Indonesia tumbuh pesat pada Agustus 2021 ditopang dengan membaiknya kinerja beberapa sektor, salah satunya di sektor pertambangan. 

Berdasarkan pernyataan Kepala BPS Margo Yuwono, data ekspor Indonesia pada Agustus 2021 tumbuh 20,95% dibanding bulan sebelumnya menjadi US$21,42 miliar. Margo mengungkapkan, ekspor tersebut secara tahunan ditopang oleh kinerja sektor pertambangan, minyak dan gas bumi, serta industri pengolahan.

Di sektor pertambangan sendiri, kinerja ekspornya mencapai US$3,64 miliar, tumbuh 27,23% dibanding Juli 2021. Sedangkan dibanding Agustus 2020 tumbuh 162,98%. Ekspor sektor minyak dan gas tercatat sebesar US$1,07 miliar dengan pertumbuhan dibanding bulan sebelumnya sebesar 7,48%. 

Selain itu, komoditas di sektor ini yang tumbuh cukup tinggi adalah batubara yakni mencapai 22,01%, kemudian bijih tembaga yang tumbuh sebesar 42,48%, dan lignit (batubara coklat) yang tumbuh 38,54%.

Sebagai informasi, selain sektor pertambangan, minyak dan gas, serta industri pengolahan, terdapat beberapa sektor lainnya yang mengalami penurunan kinerja ekspor seperti ekspor pertanian, kehutanan, serta perikanan.

Baca Juga : Penerimaan Negara dari Sektor Minerba Sukses Lewati Target

Sektor pertambangan memang menjadi penopang kinerja ekspor Indonesia. Dengan kekayaan sumber daya barang tambang seperti mineral dan logam, komoditas ekspor tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan barang tambang dunia dan memperoleh laba atau keuntungan. 

Beberapa negara tujuan ekspor Indonesia di sektor pertambangan antara lain China, India, Jepang, Korea, dan negara-negara Asia Tenggara lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here