Ekspansi Teknologi! Petrosea Teken Kerja Sama Dengan Xapiens

0
4
Ekspansi Teknologi! Petrosea Teken Kerja Sama Dengan Xapiens
Ekspansi Teknologi! Petrosea Teken Kerja Sama Dengan Xapiens

Emiten tambang dan industri, PT Petrosea Tbk menjalin kerja sama dengan perusahaan terafiliasi, PT Xapiens Teknologi Indonesia sebagai upaya memperkuat ekspansi sistem teknologi informasi perseroan.

Petrosea melakukan transaksi berupa managed service dengan Xapiens  untuk mendukung perkembangan kegiatan usaha Petrosea. Dalam hal ini, Xapiens akan menyediakan layanan untuk jangka waktu lima tahun dengan perincian berupa customer support, application support, ERP application support, dan end user management. 

Tidak hanya itu, kerja sama antara Petrosea dengan Xapiens dengan nilai transaksi sekitar Rp188,06 miliar ini juga mencakup link connection, network and communication, infrastructure, backup services, dan cloud services. 

Langkah kerjasama tersebut akan terfokus pada pengamanan data, pengintegrasian solusi usaha, dan pemanfaatan aset yang sudah ada untuk mengembangkan dukungan proses usaha dan tujuan perusahaan. 

Pada kerjasama ini, infrastruktur yang ada dikaji ulang untuk membangun kapasitas demi pertumbuhan di masa depan, termasuk mengekspansi jangkauan pelayanan ke lokasi terpencil dan meningkatkan transparansi operasional. Ekspansi teknologi ini memungkinkan adanya kolaborasi yang efektif dan meningkatkan efisiensi dalam penyelesaian masalah perseroan. 

Transaksi antara Petrosea dan Xapiens ini bersifat afiliasi karena adanya hubungan antara dua perusahaan yang dikendalikan, baik secara langsung maupun tidak langsung oleh pihak yang sama, yakni PT Indika Energy Tbk (INDY).

Direktur Petrosea, Meinar Kusumastuti mengatakan, transaksi yang dilakukan perseroan dengan pihak Xapiens bertujuan membangun dan mewujudkan sinergi antara perusahaan di dalam grup. Dengan adanya sentralisasi bisnis ini, akan memberikan efisiensi dalam transaksi, dibandingkan dengan transaksi non-afiliasi.

Baca Juga :PT Petrosea Tbk Berhasil Menjawab Tantangan Pertambangan Era Revolusi Industri 4.0

Xapiens sendiri adalah perusahaan yang kegiatan usahanya terpusat di bidang informasi dan komunikasi; aktivitas profesional, ilmiah, dan teknis; konstruksi; industri pengolahan; perdagangan besar dan eceran; dan lain-lain.

Diketahui, sebesar 69,8% kepemilikan Petrosea berada di tangan INDY dan 0,1% dalam Xapiens serta INDY memiliki sepenuhnya atas PT Indika Digital Teknologi yang merupakan pemegang 99,9% saham dalam Xapiens Teknologi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here