Dunia Tambang Kebut Digitalisasi

Dunia Tambang Kebut Digitalisasi

Dunia Tambang Kebut Digitalisasi
Dunia Tambang Kebut Digitalisasi

Perpindahan mode analog ke digital telah terjadi di setiap lini kehidupan, juga merambah ke dalam dunia bisnis.

Dunia industri perlahan mulai menjalankan otomatisasi dengan bantuan teknologi digital.  

Peran teknologi digital juga mulai menyapa pada industri skala besar seperti eksplorasi mineral.

Peran digitalisasi dianggap mampu memainkan peran sebagai katalis bagi efisiensi produksi dan peningkatan kinerja selama proses eksplorasi. 

“Eksplorasi mineral adalah salah satu tahapan paling kritis dalam rantai nilai pertambangan. Analisis data pengeboran yang efisien memiliki pengaruh besar terhadap profitabilitas keseluruhan proyek. Micromine berfokus pada peluang digitalisasi yang hemat biaya, menambah nilai dan dapat diimplementasikan di seluruh rantai nilai pertambangan,” jelas Mulya Ramadhany, Indonesia Technical Service Manager Micromine Indonesia.

Peran teknologi digital dirancang guna menggeser lembar log kertas yang kerap kali digunakan oleh ahli geologi.

Ada juga Geobank Mobile yang memiliki fokus yang kuat pada integrasi dengan perangkat yang mampu menampung data eksplorasi. Perangkat tersebut tersedia untuk eksplorasi ahli geologi.

Geobank Mobile

Geobank Mobile, dapat membaca sensitivitas magnetik, perangkat pengukuran XRF dan geoteknik portabel sering kali tersambung ke layanan atau basis data di cloud.

Kemudian akan digabungkan ke dalam master database dari berbagai sumber data atau wellsite.

Selain itu, jika masalah konektivitas jaringan muncul dikarenakan remote area, maka Geobank Mobile dapat mengirim data tersebut secara local dengan cara import file ke format csv .

Jika seorang Geolog Eksplorasi dapat mengumpulkan, memvalidasi dan mengakses data mereka dalam satu platform.

Sementara mereka berada di lapangan, informasi real time dapat ditarik, memungkinkan keputusan yang lebih tepat dan cepat diambil di Wellsite.

“Setelah data ini tersedia, akan memungkinkan seorang ahli geologi untuk membuat keputusan di lapangan; apakah akan mengakhiri proses pengeboran untuk Initial Hole atau mengextend proses pengeboran dari kedalaman lubang yang direncanakan. Ini menambah nilai langsung, baik dengan mengurangi biaya pengeboran yang direncanakan atau mencegah biaya yang mahal nantinya,” tambahnya