Dosen FTI UMI Ciptakan Pestisida Ramah Lingkungan

Dosen FTI UMI Ciptakan Pestisida Ramah Lingkungan

Dosen-FTI-UMI-Ciptakan-Pestisida-Ramah-Lingkungan
Dosen FTI UMI Ciptakan Pestisida Ramah Lingkungan

Batu bara selama ini hanya dikenal sebagai bahan bakar untuk keperluan PLTU.

Lebih dari itu batu bra sebenarnya memiliki segudang manfaat.

Riset dan penelitian berkelanjutan harus terus dikembangkan agar dapat mampu meningkatkan nilai tambah dari komoditas ekspor andalan Indonesia tersebut.

Kabar baik mengenai penelitian dan pengembangan batu bara hadir dari dosen Teknik Kimia Fakultas Teknologi Industri Universitas Muslim Indonesia ( FTI UMI ).

Bersama sejumlah mahasiswa, dosen kimia mampu melakukan sebuah inovasi dengan memanfaatkan batubara lokal yang ada di Mallawa, Kabupaten Maros, Sulsel dan diolah menjadi pestisida yang bisa dimanfaatkan untuk membunuh serangga yang menjadi hama bagi tumbuhan pertanian.

Melalui metode pirolisis, yaitu suatu suatu metode yang digunakan untuk mengubah bahan baku menjadi asap cair.

Asap cair yang dihasilkan inilah yang nantinya digunakan sebagai pestisida.

Saya sebagai dosen peneliti menyampaikan bahwa asap cair yang dihasilkan bisa dimanfaatkan sebagai pestisida untuk mencegah rayap, semut, dan lainnya. Sehingga produktivitas pertanian dapat meningkat.

Ketua tim peneliti, Muh Arman, mengungkapkan bahwa asap cair yang dihasilkan bisa dimanfaatkan sebagai pestisida untuk serangga.

“Hasil asap cair ini akan dimanfaatkan mencegah dan membasmi hama, misalkan bisa dimanfaatkan untuk mencegah rayap, semut dan lainnya,” ujar Arman.

Baca Juga: Nasib Kontrak Tambang Raksasa Arutmin & KPC

Rencananya, penelitian ini dilaksankan selama 3 bulan di Laboratorium Teknik Kimia FTI UMI.

Diharapkan penelitian ini bisa memberikan alternatif pestisida ramah lingkungan yang bisa dimanfaatkan masyarakat khususnya di bidang pertanian nantinya.

Penelitian ini melibatkan 2 mahasiswa program strata satu.