Deklarasi Arsjad Rasjid Sebagai Calon Ketum Kadin 2021-2026 #ARSforKADIN

Must read

Deklarasi Arsjad Rasjid
Deklarasi Arsjad Rasjid

Arsjad Rasjid bukanlah nama yang asing di lingkup Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia. Arsjad hingga saat ini masih terus berkontribusi bagi Kadin dengan jabatan sebagai Wakil Ketua Umum KADIN di bidang Pengembangan Pengusaha Nasional. 

Pada hari ini, Jumat 26 Maret 2021, Arsjad mendeklarasikan diri sebagai calon Ketua Umum Kadin periode  2021- 2026 di Hutan Kota, Plataran, Senayan, Jakarta. 

Sebagai calon Ketua Umum Kadin, Arsjad Rasjid memiliki visi membangun Kadin menjadi lebih inklusif dan kolaboratif. 

“Saya ingin membangun Kadin tumbuh secara inklusif  dan kolaboratif,” ujarnya. 

Dalam deklarasinya, Arsjad menegaskan komitmennya untuk membantu dunia usaha dan mendukung pemerintah dalam pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19. 

Menurut Arsjad,  saat ini Kadin perlu terus dorong pemerataan ekonomi dan pengembangan program hingga ke pelosok daerah yang membutuhkan.  

Lebih lanjut, Arsjad memaparkan empat program utama dalam memajukan perekonomian nasional melalui Kadin Indonesia. Keempat program tersebut yaitu kesehatan,  pemulihan ekonomi nasional dan daerah, kewirausahaan, dan perbaikan internal organisasi. 

Saat ini hampir semua sektor usaha di tanah air terkena dampak pandemi Covid-19, sehingga banyak pengusaha mengalami penurunan pendapatan, baik itu usaha besar, menengah, hingga Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Untuk membangkitkan semua sektor usaha tersebut, menurut Arsjad hal yang paling utama harus diperhatikan adalah faktor kesehatan.

Dalam hal ini, yakni penanganan virus Covid-19. Akselerasi dan peningkatan perekonomian nasional bisa lebih maksimal jika aspek kesehatan kembali pulih. 

Program selanjutnya yakni pemulihan ekonomi melalui kolaborasi antara pusat dan daerah. Arsjad menuturkan, UMKM merupakan pondasi ekonomi Indonesia sehingga perlu adanya pengembangan dan pemberdayaan kepada para pengusaha hingga ke seluruh pelosok Indonesia, terutama di masa pandemi seperti ini. 

Selain itu Arsjad menambahkan bahwa Kadin seharusnya bisa menjadi rumah bagi setiap pengusaha untuk bisa berkolaborasi, sekaligus memperkuat peran swasta sebagai tulang punggung pemulihan ekonomi nasional saat ini. 

Baca Juga: Dirut INDY Arsjad Rasjid Mendukung EBT di Indonesia

“Kadin sebagai rumah kita bersama. Rumah kita untuk tumbuh secara inklusif artinya kita perlu rangkul setiap pengusaha, mulai pengusaha besar maupun kecil hingga ke seluruh pelosok Indonesia,” ujar Arsyad. 

Dalam deklarasi ini hadir pula beberapa Ketua Kadin dari berbagai daerah, mereka juga diberi kesempatan menyampaikan testimoninya secara singkat. Sekitar 10 perwakilan Kadin daerah memberikan pandangannya secara terbuka kepada Arsjad. 

Secara umum, mereka menyampaikan aspirasi berupa harapan kepada Ketum yang baru agar bisa membawa Kadin Indonesia dan perekonomian nasional lebih meningkat. 

Mereka juga memerlukan sosok figur Ketum yang mudah diajak komunikasi ke daerah, terutama sosok yang bisa mendengarkan permasalahan yang dihadapi pengusaha daerah.

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article