Daya Serap Pekerjaan Tambang untuk Sarjana

Must read

Daya serap pekerjaan tambang berdasarkan data Ristekdikti terdapat 21,992 mahasiswa jurusan Geologi, Geofisika, dan Teknik pertambangan yang menunggu kelulusannya. Dimana terdapat 9,804 mahasiswa Teknik pertambangan, 3,570 mahasiswa jurusan geofisika, dan 8,618 mahasiswa jurusan Teknik geologi atau geologi.

Didapatkan data dari tiga instansi lowongan kerja (linkedln, jobstreet, dan infomine), terdapat 92 jenis pekerjaan tambang untuk sarjana (fresh graduate).

Dengan rincian 52 jenis pekerjaan untuk pertambangan, 27 jenis pekerjaan untuk geologi, dan 13 jenis pekerjaan untuk geofisika. Pengambilan data ini dilakukan pada tanggal 14 Mei 2019.

Baca Juga artikel terkait Daya Serap Pekerjaan Tambang: Indonesia Siap Pasok Tambang Batu Bara Kepada India

Jika dibandingkan dengan jumlah seluruh mahasiswa yang ada pada tahun 2018/2019, dengan trend jumlah pekerjaan tambang seperti pada hari – hari ini, diproyeksikan secara kasar dengan data yang ada pada empat tahun ke depan peluang seseorang untuk mendapatkan pekerjaan adalah 1 : 239. Hal ini belum terhitung dengan angkatan – angkatan terdahulu yang belum mendapatkan pekerjaan.

Di sisi lain berdasarkan data Kemnaker dari tahun 2014 sampai 2018, angka pengangguran dengan level pendidikan universitas cenderung meningkat tiap tahunnya. Angka pengangguran dengan level pendidikan universitas tertinggi digapai pada tahun 2018 dengan total 789,000 pengangguran. Angka pengangguran meningkat hampir dua kali lipatnya, jika dibandingkan dengan tahun 2014 yang menginjak angka 398,000.

Dengan meningkatnya trend pengangguran dengan pendidikan tingkat universitas, tentu merupakan tantangan ke depan khususnya fresh graduate untuk mendapatkan pekerjaan. Dengan peluang 1 : 239 dalam mendapatkan pekerjaan tambang, fresh graduate dapat memperkuat hardskill dan softskill mereka agar dapat lebih menonjol dibandingkan dengan kandidat lain.

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article