Dapat Sentimen Negatif dari Negara G-7 HBA masih Tinggi

Must read

Melihat perdagangan Harga Batu bara Acuan (HBA) minggu ke-3 Juni (14/6/2021) sempat turun di angka 2,42% ke US$ 121/ton karena mendapatkan sentimen negatif dari negara-negara kaya yang tergabung dalam kelompok G7, tapi harga batu bara masih tetap tinggi. 

Negara-negara yang tergabung ke dalam G-7 diantaranya Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Britania Raya, dan Amerika Serikat sepakat tidak lagi menggunakan bahan bakar fosil.  Kesepakatan itu diteken dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) yang diadakan di Cornwall, Inggris, pada 11-13 Juni 2021.

Mengutip Reuters, negara kaya tersebut menilai batu bara kurang ramah lingkungan. Mereka akan segera memindahkan dukungan ini kepada bentuk-bentuk riset dan perkembangan teknologi serta kebijakan yang lebih ramah lingkungan.

“Kami menekankan bahwa investasi internasional dalam batu bara harus dihentikan sekarang dan kami sekarang berkomitmen untuk mengakhiri dukungan langsung untuk pembangkit listrik batu bara termal (PLTU) internasional,” kata tujuh negara anggota G7, Amerika Serikat (AS), Inggris, Kanada, Prancis, Jerman, Italia dan Jepang, dikutip Senin (14/6/2021).

Baca Juga : Ada Tantangan Besar yang Harus Dihadapi Industri Batu Bara

Mereka juga mengatakan bahwa batu bara saat ini menyumbang emisi yang sangat besar. Pembangkit listrik batu bara, kata kelompok itu, adalah penyebab tunggal terbesar dari emisi gas rumah kaca.

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article