Cuan Melimpah! Harga Batu Bara Meroket Jadi US$ 96/ton

Must read

Harga kontrak futures (berjangka) batu bara termal Newcastle pada perdagangan minggu lalu sempat tidak bergerak, namun harga tersebut kembali naik ke level psikologis US$ 96/ton. Angka ini merupakan harga batu bara tertinggi dalam satu bulan terakhir.

Sebelumnya, harga kontrak berjangka (futures) batu bara naik 2,55% pada minggu lalu. Apabila dibandingkan dengan bulan yang sama tahun 2020 harga batu bara sudah naik 81%.

Adapun sentimen positif pertama yang membuat harga batu bara terangkat seminggu lalu adalah karena kenaikan harga batu bara China. Hal ini masih disebabkan oleh ketatnya pasokan di tengah kenaikan permintaan.

Berdasarkan laporan, harga batu bara termal acuan China Qinhuangdao naik lagi 5,9% minggu lalu dan harga batu bara tembus RM 807/ton. Kenaikan harga yang besar ini membuat kebijakan kuota impor direlaksasi.

Di saat yang bersamaan, perseteruan antara Australia dengan China yang semakin memburuk turut membuat wajah perdagangan dan pasar batu bara global berubah. Untuk urusan impor batu bara termal China memilih Indonesia sebagai pemasok.

China bahkan enggan mengimpor batu bara kokas dari Australia. Sebagai penggantinya Negeri Panda ini pun beralih memasok batu bara kokas dari  Amerika Serikat (AS) dan Kanada. 

Ekspor AS ke China naik lebih dari lima kali lipat menjadi 2,11 juta ton, sementara ekspor Kanada naik 51% menjadi 2,3 juta ton. Sementara itu Australia kini lebih banyak mengekspor batu baranya ke India. Pengiriman Australia ke India naik 45% secara kuartalan menjadi 15,18 juta ton.

Adanya perang dagang antara China dengan Australia ini membuat RI diuntungkan. Pasalnya RI juga merupakan produsen batu bara di dunia dengan produksi lebih dari 500 juta ton per tahun. 

Baca Juga : Harga Batu Bara Naik Bikin Saham INDY Jawara

Di tahun 2021 produksi diprediksi bakal lebih tinggi dari 550 juta ton, mengingat adanya kenaikan harga batu bara dan permintaan yang mulai pulih ditopang oleh ekspansi ekonomi China. 

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article