Corona Tak Menghambat Ekspansi Aneka Tambang

Corona Tak Menghambat Ekspansi Aneka Tambang

Corona-Tak-Menghambat-Ekspansi-Aneka-Tambang
Corona Tak Menghambat Ekspansi Aneka Tambang

Penyebaran virus corona (Covid-19) yang terjadi di beberapa wilayah belum berdampak pada ekspansi yang dilakukan beberapa emiten. Salah satunya pembangunan smelter nikel milik PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) di Halmahera Timur (Haltim), Maluku Utara.

Sekretaris Perusahaan Aneka Tambang Kunto Hendrapawoko mengatakan.

Sejauh ini ANTM masih melakukan aktivitas operasional secara normal dengan tetap waspada dan memitigasi risiko yang terjadi akibat penyebaran Covid-19.

“Selain itu, ANTM juga melakukan langkah-langkah terkait pencegahan penyebaran Covid-19 sesuai dengan anjuran yang diberikan pemerintah dan WHO,” ujar dia kepada Kontan.co.id.

Kunto melanjutkan, per Desember 2019 proyek pembangunan Pabrik Feronikel Halmahera Timur (P3FH) sudah mencapai 97,75%. Pada Semester II 2019 lalu pun, P3FH telah melakukan tahap no load test pada peralatan pabrik yang telah selesai.

Saat ini, proyek tersebut masih dalam proses penyelesaian konstruksi tahap akhir. Emiten pelat merah ini berkomitmen terhadap penyelesaian serta memastikan pabrik feronikel di Haltim akan berjalan pada tahun ini.

Meski belum mengungkapkan angka spesifik, Kunto menjabarkan alokasi belanja modal atau capital expenditure (capex) ANTM sebagian besar bakal digunakan untuk mendukung penyelesaian proyek-proyek strategis.

Diantaranya penyelesaian konstruksi pabrik P3FH, pembangunan pabrik smelter grade alumina (SGA) di Mempawah, serta inisiasi pembangunan pengolahan Nickel Pig Iron (NPI) di Halmahera Timur yang bekerjasama dengan mitra strategis.