Corona Melambat di Eropa, Bursa Asia Ceria

Corona Melambat di Eropa, Bursa Asia Ceria

Corona-Melambat-di-Eropa-Bursa-Asia-Ceria
Corona Melambat di Eropa, Bursa Asia Ceria

Bursa saham Asia menguat lebih pada perdagangan Senin (6/4/2020).

Investor agak lega karena angka kematian akibat pandemi virus corona di beberapa wilayah rawan di dunia menunjukkan tanda-tanda melambat atau berkurang.

Data terbaru dari Worldometer mencatat kasus kematian baru di Italia dan Perancis tidak ada penambahan alias nihil. Bahkan tambahan kasus baru juga nol.

Pasar saham di China tutup memperingati Tomb Sweeping Day atau Cheng Beng yang merupakan ritual tahunan etnis Tionghoa untuk bersembahyang dan ziarah kubur sesuai dengan ajaran Khong Hu Cu.

Indeks Hang Seng Hong Kong naik 2,21% menjadi 23. 749,12, Nikkei 225 melonjak 756,11 poin, atau 4,24%, menjadi 18. 576,30, sedangkan indeks Topix yang lebih luas ditutup menguat 3,86% pada 1. 376,30.

Baca Juga: Rencana Bisnis Indika Energy di Tengah Pandemi

Saham blue chip SoftBank melonjak 7,6%, sementara emiten perusahaan pembuat mobil Toyota Motor melonjak 6,2% dan operator pakaian kasual Uniqlo Fast Retailing menguat 2,2%. Di sektor teknologi, Advantest melonjak 6,2% dan Tokyo Electron menambahkan 6,7%.

Investor mengabaikan laporan yang mengindikasikan bahwa Perdana Menteri Shinzo Abe bermaksud untuk menyatakan keadaan darurat di negara itu menyusul lonjakan jumlah infeksi di Tokyo dan kota-kota besar lainnya.