Contoh Barang Tambang Nonmigas

Contoh Barang Tambang Nonmigas

Contoh-Barang-Tambang-Nonmigas
Contoh Barang Tambang Nonmigas

Barang tambang nonmigas adalah barang yang dihasilkan dari kegiatan pertambangan selain dari tambang minyak bumi dan gas (nonmigas).

Tahukah kamu apa saja yang termasuk barang tambang nonmigas? 

Barang tambang nonmigas Mengutip BPS, pertambangan adalah suatu kegiatan pengambilan endapan bahan galian berharga dan bernilai ekonomis dari dalam kulit bumi, di bawah permukaan bumi dan di bawah permukaan air.

Pertambangan nonmigas adalah mencakup usaha pencarian dan pengambilan bahan tambang yang memiliki unsur kimia, mineral, dan segala macam batuan yang merupakan endapan alam. 

Jadi, yang termasuk barang tambang nonmigas adalah antara lain:

Batubara Timah Bauksit (bijih alumunium) Bijih besi Nikel Emas dan perak Intan Tembaga, berikut ini penjelasannya:

Batubara Batubara adalah bahan bakar fosil yan terbentuk dari tumbuhan yang mati dan kemudian tertimbun selama jutaan tahun. Manfaat batubara untuk bahan bakar industri dan rumah tangga.

Tambang batubara di Indonesia terdapat di Ombilin (Sumatera Barat), Bukit Asam (Palembang), Bukit Asam dan Tanjung Enim (Sumatera Selatan), Jambi, Riau, Aceh, dan Kalimantan. 

Baca Juga: Mitos Gunung Emas di Dasar Sungai Eufrat

Timah Timah adalah hasil tambang yang berasal dari bijih-bijih timah yang tersimpan di dalam bumi. Ada dua jenis bijih timah, yaitu:

Timah celah atau timah gunung: bijih timah yang terdapat di batuan granit dalam bumi;

Timah endapan: bijih timah yang terdapat di darat, dasar laut, atau dasar lembah. Timah putih digunakan untuk membuat kaleng, tabung, cendera mata, dan senjata.