China Siap Borong Batu Bara Indonesia

Must read

China Siap Borong Batu Bara Indonesia

China Siap Borong Batu Bara Indonesia
China Siap Borong Batu Bara Indonesia

Kabar positif terkait segera terbitnya vaksin Covid-19 mengangkat industri batu bara.

Perekonomian China kini memang sudah jauh membaik dibandingkan saat awal pandemi.

Bahkan pada tahun depan China diperkirakan akan membeli batu bara Indonesia senilai US$ 1,47 miliar atau sekitar Rp 20,6 triliun (asumsi kurs Rp 14.100 per US$).

Hal tersebut berdasarkan Nota Kesepahaman (MoU) antara Asosiasi Pertambangan Batu Bara Indonesia (APBI) dengan China Coal Transportation and Distribution yang ditandatangani pada hari ini, Rabu (25/11/2020).

“Kami harapkan adanya peningkatan ekspor batu bara ke China sekitar 200 juta ton di tahun mendatang,” ungkap APBI, Rabu (25/11/2020).

Namun demikian, jumlah ekspor batu bara ke China tersebut akan dikaji ulang setiap tahunnya.

Hal tersebut dibenarkan oleh Direktur Eksekutif APBI Hendra Sinadia kepada CNBC Indonesia. Dia mengakui ada penandatanganan MoU antara APBI dengan China Coal Transportation and Distribution hari ini.

“Iya benar ada tadi signing MoU,” ungkapnya tanpa menjelaskan lebih rinci.

Baca Juga: Ciri-Ciri Mineral Berharga dan Bernilai Tambang

Indonesia yang merupakan negara pengekspor batu bara thermal (thermal coal) terbesar di dunia bahkan melakukan promosi penjualan batu bara melalui jalur diplomatik ke kawasan Asia Tenggara seperti Vietnam seiring dengan menurunnya ekspor ke China.

Berdasarkan data Refinitiv, China mengimpor batu bara dari Indonesia selama Januari hingga Oktober 2020 sebesar 86,88 juta ton, turun 24,5% dari 115,03 juta ton pada periode yang sama tahun lalu.

1 COMMENT

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article