China-India Perketat Impor Batu Bara

China-India Perketat Impor Batu Bara

China-India Perketat Impor Batu Bara
China-India Perketat Impor Batu Bara

Kebijakan memperketat impor diambil sebagai langkah strategis beberapa negara untuk melindungi perekonomian dalam negeri menyusul Pandemi Covid-19 yang masih belum menunjukkan kapan berakjir. 

Beberapa negara tujuan ekspor batu bara tanah air menerapkan pengetatan impor.

Hal tersebut sebagai efek dari pembatasan aktivitas hingga lockdown, membuat konsumsi dan permintaan atas bahan bakar energi menurun sehingga serapan pasar terhadap batu bara terbatas.

“Mengoptimalkan kapasitas batu bara domestik mereka dan kedua karena stockpile mereka juga masih cukup seperti misalnya China ada kecenderungan mereka sedang membatasi kuota impor mereka. Negara-negara tujuan ekspor utama batu bara kita seperti China dan India itu sedang mengetatkan impor,” ujar Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Baru Bara Indonesia (APBI) Hendra Sinadia.

Hal tersebut memacu eksportir batu bara Indonesia meyusun ulang strategi ekspor dan memperkuat upaya-upaya diplomasi.

Pemerintah RI baik melalui kementerian terkait maupun juga Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) mengintensifkan diplomasi perdagangan kepada China dan India.

Lebih lanjut, Hendra ia mengatakan, tujuannya adalah untuk memberikan kuota impor batu bara dari Indonesia lebih banyak lagi.

Menurut dia, proses komunikasi saat ini masih terus berjalan dengan China melalui Duta Besar (Dubes) China untuk Indonesia.

“APBI bulan Juli lalu menggelar webinar dengan Dubes RI untuk India dan Dubes RI untuk RRT sebagai bagian dari upaya koordinasi pelaku usaha dan pemerintah terkait diplomasi,” kata Hendra.

Baca Juga: Erick Thohir Dorong Program Digitalisasi Dunia Energi

Menurut dia, pemerintah RI sudah berupaya meminta dukungan dengan pemerintah China untuk memberikan akses tambahan impor kuota bagi eksportir Indonesia.

Apalagi tahun 2020 ini peringatan 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara.