China Borong Batu Bara Indonesia Senilai Rp 20 Triliun

Must read

China Borong Batu Bara Indonesia Senilai Rp 20 Triliun
China Borong Batu Bara Indonesia Senilai Rp 20 Triliun

Realisasi penjualan batu bara Indonesia dipastikan bakal mendapatkan rapor hijau dalam waktu tiga tahun mendatang karena para importir China yang menyetujui untuk borong batu bara Indonesia sebesar US$ 1,46 Miliar atau setara Rp 20,6 triliun di 2021 ini.  

Komitmen tersebut tertuang dalam perjanjian kerja sama antara Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI-ICMA) dengan CCTDA (China Coal Transportation and Distribution) pada Rabu (25/11/2020).

Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama (KLIK) Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Agung Pribadi mengungkapkan, hasil kesepakatan dari perjanjian China dengan Indonesia akan mendongkrak nilai batu bara yang sempat mengalami kelesuan di tengah pandemi Covid-19. 

“Saya optimis komoditas batubara akan kembali bergairah menyusul adanya kerja sama ini. Sebuah momen positif untuk mengembalikan realisasi produksi sesuai dengan proyeksi yang ditetapkan,” Ujar Agung.  

Agung menguraikan, kerja sama ini berawal dari hasil kunjungan kerja Pemerintah Indonesia ke China yang diwakili oleh Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, beberapa bulan lalu. 

“Upaya ini merupakan langkah konkrit pemerintah RI dan RRT dalam merayakan 70 tahun hubungan diplomatik kedua negara,” jelas Agung.

Baca Juga: Saham ANTM Menggila! Transaksi Tembus Rp3 Triliun Lebih

Direktur Eksekutif Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI), Hendra Sinadia ikut bersuara, kesepakatan penjualan batu bara Indonesia ke China akan meningkatkan volume perdagangan. 

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article