China Akan Bangun 6 Reaktor Nuklir!

China Akan Bangun 6 Reaktor Nuklir!

China-Akan-Bangun-6-Reaktor-Nuklir!
China Akan Bangun 6 Reaktor Nuklir!

Harga batu bara masih belum dapat menunjukkan prospek yang cerah.

Permintaan batu bara dari berbagai negara juga mulai menurun, termasuk China.

Selain pandemi Covid-19 yang menyebabkan turunnya permintaan. Rencana China akan membangun enam hingga delapan reaktor nuklir setiap tahun antara 2021 dan 2025 juga menjadi faktor menurunnya harga batu bara.

Kapasitas reaktor nuklir tersebut juga ditingkatkan menjadi 70 gigawatt (GW). Naik 43,5% dibandingkan dengan kapasitas pada akhir Mei lalu. Menurut laporan media China Daily pada Kamis (9/7/2020), yang dikutip dari Channel News Asia.

Asosiasi Energi Nuklir China juga mengatakan total kapasitas nuklir terpasang negara itu diperkirakan akan mencapai 52 GW pada akhir 2020.

Namun jumlah tersebut jauh dari target 58 GW. Tetapi target dikatakan tetap bisa dipenuhi. Sebab nantinya akan dibangun reaktor nuklir sekitar 200 GW pada 2035 mendatang.

Menurut angka dari Administrasi Energi Nasional, kapasitas nuklir China saat ini mencapai 48,8 GW pada akhir Mei, terhitung 2,5% dari total kapasitas pembangkitannya.

Lebih lanjut, laporan asosiasi tersebut menuliskan pada akhir 2019, China memiliki 47 unit tenaga nuklir yang beroperasi (tidak termasuk data wilayah Taiwan).

Baca Juga: Harga Batu Bara Diprediksi Mentok di Level US$60

Dengan total kapasitas terpasang 48,75 GW, peringkat ketiga di dunia setelah Amerika Serikat dan Prancis.

Setidaknya, Negeri Tirai Bambu tersebut akan memiliki 51 unit nuklir pada akhir 2020 dan lebih dari 17 berada di dalam pipa.