Cegah Kerusakan Lingkungan! Petrosea Terapkan Kebijakan K3L

0
7
Cegah Kerusakan Lingkungan! Petrosea Terapkan Kebijakan K3L
Cegah Kerusakan Lingkungan! Petrosea Terapkan Kebijakan K3L

Untuk menegaskan pengendalian operasional dengan mengedepankan upaya pencegahan terjadinya kerusakan lingkungan akibat proses bisnis yang ada, PT Petrosea Tbk menerapkan kebijakan K3L atau Keselamatan, Kesehatan Kerja, dan Lingkungan.

Kebijakan K3L ini ditegaskan melalui penekanan adanya tanggung jawab setiap individu untuk menjaga lingkungan yang didasari oleh prinsip manajemen risiko untuk mencegah terjadinya kerusakan lingkungan.

Petrosea juga memiliki kebijakan Marine Fleet and Environment Protection Policy sebagai bentuk komitmen perusahaan untuk menciptakan lingkungan kerja yang aman dengan mengidentifikasi setiap potensi bahaya terkait lingkungan, sehingga dapat menyusun environmental safeguards and protection yang sesuai. 

Seluruh kegiatan Petrosea selalu dilaksanakan dengan mengacu pada Dokumen Amdal (Analisis Dampak Lingkungan Hidup), serta UKL-UPL (Upaya Pengelolaan Lingkungan dan Upaya Pemantauan Lingkungan). Tidak hanya itu, kegiatan Petrosea juga senantiasa mengacu pada peraturan perundang-undangan terkait lingkungan hidup.

Peraturan tersebut diantaranya adalah Undang-Undang (UU) Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, UU Nomor 22 Tahun 2001 tentang Minyak dan Gas Bumi, hingga UU Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pertambangan Mineral dan Batubara.

Baca Juga : Intip Program & Kegiatan CSR Petrosea di Bidang Lingkungan

Pengawasan lingkungan sebagai bagian dari kebijakan umum pencegahan kerusakan lingkungan juga telah Petrosea tetapkan melalui sistem prosedur lingkungan yang mencakup sebagai berikut:

  • Environmental Monitoring Standard yang menegaskan bahwa aspek manajemen dan pengelolaan lingkungan hidup telah menjadi bagian penting dalam seluruh proyek di area operasional Petrosea.
  • Waste Management yang menegaskan peraturan mengenai pengelolaan limbah, mulai dari tahap penyimpanan, pengumpulan, pengangkutan, pembuangan, hingga daur ulang dan proses pengolahan akhir pembuangan limbah.
  • Environmental Office Practice yang menegaskan pengaturan implementasi pengelolaan lingkungan pada lingkup perusahaan.

Dapat disimpulkan bahwa upaya pencegahan kerusakan lingkungan yang dilakukan Petrosea adalah dengan menerapkan kebijakan yang berkaitan dengan lingkungan hidup seperti K3L, serta menetapkan beberapa target kinerja seperti penurunan intensitas penggunaan energi, penurunan intensitas emisi karbon, penurunan penggunaan kertas dan air tanah, serta meningkatkan efisiensi penggunaan energi listrik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here