Capaian Sektor Mineral dan Batu Bara RI Positif

Must read

Capaian Sektor Mineral dan Batu Bara RI Positif
Capaian Sektor Mineral dan Batu Bara RI Positif

Di tengah Covid-19 capaian sektor kinerja sektor mineral dan batubara Indonesia tetap berkontribusi positif bagi kepentingan bangsa dan rakyat Indonesia.

Di mana sektor ini juga mengalami tren pertumbuhan yang sangat baik. 

Meski pandemi Covid-19 masih membayangi situasi dunia dan sempat menahan geliat sektor pertambangan di tingkat global, sektor pertambangan mineral dan batubara di Indonesia masih dapat memberikan capaian optimal.

Merujuk data per 21 Desember 2020, capaian produksi batubara Indonesia telah mencapai 537,85 juta ton atau setara 97,79 persen dari target awal sebesar 550 juta ton. 

Dari angka produksi ini sebesar 291 juta ton telah diekspor dengan nilai penjualan sebesar 13,38 miliar dolar AS. 

Meski memiliki keterbatasan dan menerapkan protokol kesehatan selama beberapa bulan terakhir serta pelemahan ekonomi di berbagai negara, sektor pertambangan masih bisa memberikan kontribusi positif bagi Indonesia.

Diharapkan situasi global akibat pandemi Covid-19 juga akan turut membaik. Hal ini untuk mendorong kinerja unggul di sektor pertambangan pada tahun-tahun mendatang. 

Terlebih dengan semakin berkembangnya perekonomian dalam negeri, kebutuhan terhadap batubara sendiri pun dinilai akan semakin meningkat.

Baca Juga: Diversifikasi Usaha INDY ke Bidang EBT dan Emas

Saat ini, dalam rangka pemenuhan kebutuhan batubara dalam negeri, sebanyak 109 juta ton atau 70 persen dari rencana 155 juta ton, telah terserap.

2 COMMENTS

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article