BPH Migas Targetkan BBM 1 Harga Semakin Luas

Badan Pengatur Hilir Minyak Dan Gas Bumi (BPH Migas) menyebut akan ada 500 lokasi BBM 1 harga hingga 5 tahun ke depan.

Kepala BPH Migas M. Fanshurullah Asa mengatakan pihaknya bersama dengan sejumkah stakeholder selama ini sudah menjalankan program BBM 1 harga, bahkan lebih cepat dari target pemerintah.

“BPH Migas akan terus mengawal program BBM 1 harga,” katanya saat ditemui usai malam penganugerahan CNBC Indonesia Award 2019 di Hotel Westin, Rabu (4/12/2019).

BPH Migas Penghargaan CNBC Indonesia Award 2019

Sebagai informasi, BPH Migas mendapatkan penghargaan CNBC Indonesia Award 2019 untuk kategori Best Government Communication Strategy Award. Sebagai lembaga yang mengatur kegiatan usaha hilir migas, Migas memiliki kewajiban untuk memastikan bahwa proses pengolahan, pengangkutan, penyimpanan, serta perdagangan minyak dan gas diselenggarakan melalui mekanisme persaingan usaha yang wajar, sehat, dan transparan.

Mengingat industri minyak dan gas merupakan elemen yang krusial bagi pembangunan nasional, baik dalam hal pemenuhan kebutuhan energi dan bahan baku industri di dalam negeri maupun sebagai penghasil devisa negara, peran dari Migas menjadi sangat penting dan tentunya membutuhkan dukungan dari sistem komunikasi yang baik.

BPH Migas pantas mengantongi penghargaan tersebut karena Sejauh ini, Migas merupakan lembaga pemerintah dengan ketersediaan informasi terlengkap yang bisa diakses melalui halaman bphmigas.go.id.

Baca juga: Saudi Aramco Tawarkan Satu Saham Seharga Rp 119 Ribu

Melalui halaman tersebut, informasi bagi masyarakat umum seperti harga jual BBM dan gas bumi disajikan secara rinci.

Tak hanya informasi seperti penetapan harga, segala macam aktivitas yang berkaitan dengan fungsi dan tugas dari Migas juga bisa diakses melalui halaman tersebut, seperti rapat antara Migas dengan anggota DPR hingga progress dari Focus Group Discussion (FGD).

Melalui komunikasi yang efektif dari Migas, salah satu program prioritas dari pemerintah yakni BBM 1 harga bisa dieksekusi dengan baik. Per 13 Oktober 2019, telah terdapat 170 SPBU BBM 1 harga yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Hal tersebut berarti target yang ditetapkan hingga tahun 2019 sudah tercapai.