BPH Migas Siap Kerja Sama Hilir Migas dengan Rumania

Must read

Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) yang beberapa waktu lalu menerima kunjungan delegasi Rumania siap menjalin kerja sama terkait investasi di bidang pipa industrial atau hilir migas.

Adapun, BPH Migas menggelar pertemuan dengan Duta Besar Indonesia untuk Rumania dan Republik Moldova M. Amhar Azeth, Konsultan Kehormatan Indonesia untuk Konstanta sekaligus CEO dari Interventii Active di Atmosfera Limited Emil Sirbu di Gedung BPH Migas pada Selasa (25/05/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BPH Migas Fanshurullah Asa mengatakan, pertemuan tersebut berfokus pada kemungkinan adanya kerja sama dan investasi yang diharapkan akan terjalin antara Indonesia dengan Rumania. 

Fanshurullah menambahkan, Indonesia memang saat ini membuka banyak peluang untuk berinvestasi di bidang minyak dan gas bumi. Menurutnya,  kerja  sama ini bertujuan untuk kemajuan di kedua negara yang bersepakat.

“Ini dilakukan untuk kedua negara kita. Dan untuk masa depan serta kemajuan pertumbuhan ekonomi kedua negara baik Rumania ataupun Indonesia.” ujarnya pada Rabu (26/5/2021).

Di samping itu, Komite BPH Migas Jugi Prajugio menuturkan,  peluang kerja sama ini masih sangat terbuka lebar karena masih banyak daerah di Indonesia yang belum mempunyai atau tidak terkoneksi oleh pipa gas, khususnya di wilayah selatan Jawa.

Saat ini, imbuh Jugi, Indonesia masih menggunakan tiga jenis pipa gas yaitu pipa gas transmisi, pipa gas distribusi, dan jargas kota. 

Lebih rinci ia mengatakan, pemerintah sejauh ini sedang berusaha untuk menekan penggunaan gas elpiji dan mendorong pembangunan jaringan gas (jargas). 

“Karenanya harapannya kerja sama ini dapat mengarah dan berfokus pada jargas,” sambungnya.

Sementara itu, Duta Besar Indonesia untuk Rumania dan Republik Moldova, M. Amhar Azeth menjelaskan, hubungan diplomasi antara Indonesia dengan Rumania sudah berjalan sejak 1950 karena hubungan dekat yang terjalin antara Presiden pertama RI Ir. Sukarno dan Presiden Rumania Gheorghe Gheorghiu-Dej.  

Baca Juga : Saham Migas Menghangat Terpantik Naiknya Harga Minyak

“Harapannya rencana kerja sama ini dapat berlanjut dan menjadi titik baru bagi hubungan antara Indonesia dengan Rumania,” pungkasnya mengakhiri.

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article