Bisnis Batu Bara Cerah Hari Ini

Bisnis Batu Bara Cerah Hari Ini

Bisnis-Batu-Bara-Cerah-Hari-Ini
Bisnis Batu Bara Cerah Hari Ini

Mulai kembali berjalannya roda perekonomian Indonesia dengan format “New Normal” membawa dampak positif di berbagai sektor bisnis dan komoditas, terutama batu bara.

Tren rupiah yang makin perkasa membawa positif bagi bisnis batu bara. Asosiasi Pertambangan Batu Bara Indonesia (APBI) berharap permintaan batubara bisa terangkat. Lalu harga dan pasar batu bara bisa segera stabil.

Terlebih, menurut Direktur Eksekutif APBI Hendra Sinadia, produksi batu bara Indonesia masih dominan mengandalkan pasar ekspor, namun demand masih tertekan.

“Di tengah pelemahan demand ekspor, penguatan kurs Rupiah seharusnya dapat menjadi sentimen positif bagi pebisnis batu bara karena itu adalah salah satu indikator penting bahwa perekonomian nasional sudah berangsur pulih. Hal tersebut memberi optimisme bagi pelaku usaha di tengah kondisi pandemi,” kata Hendra

Rupiah di kurs tengah Bank Indonesia akhirnya berhasil kembali ke bawah Rp. 14.000 per dolar Amerika Serikat (AS).

Senin (8/6), rupiah di kurs referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor) berada di Rp. 13.956 per dolar AS.

Dengan ini, rupiah di kurs tengah BI berhasil menguat 1,02% dibanding Jumat (5/6) yang berada di level Rp. 14.100 per dolar AS.

Ini juga menjadi level terbaik rupiah di kurs tengah BI sejak 25 Februari. Kala itu, rupiah berada di Rp. 13.893 per dolar AS.