Bertemu Menteri ESDM, Menteri Erick Thohir Bahas RUU Minerba

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyambangi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif untuk bahas RUU Minerba. Erick didampingi oleh salah satu wakil menterinya yakni Budi Gunadi Sadikin untuk mendatangi kementerian yang dikatakan bertetanggaan dengan kantornya tersebut.

Sekjen ESDM Ego Syahrial mengatakan, keduanya membahas beberapa hal untuk mensinergikan kebijakan. Benang merah pertemuan tersebut adalah menegaskan tupoksi untuk badan usaha yang melaksanakan program subsidi seperti Pertamina dan PLN. Penegasan ini dikatakan sesuai dengan amanat Presiden Joko Widodo untuk tingkatkan investasi dan perekonomian nasional.

Baca juga artikel terkait Bertemu Menteri ESDM, Menteri Erick Thohir Bahas RUU Minerba: Indonesia Akan Kuasai Tambang Nikel Raksasa

Di sektor migas, keduanya juga bicara soal percepatan kilang, B30, dan meningkatkan lifting migas dengan cara pengembangan teknologi di lapangan-lapangan migas milik Pertamina.

RUU Minerba sempat menjadi polemik sebelum pelantikan Joko Widodo sebagai presiden karena DPR periode lalu terkesan buru-buru untuk mengesahkan RUU ini menjadi undang-undang sesegera mungkin di akhir jabatan mereka. Padahal, beberapa pemangku kepentingan menilai masih belum optimal untuk berdiskusi terkait RUU Minerba.

Awal Oktober lalu, ESDM sempat menggelar rapat dengan perusahaan tambang termasuk perusahaan batu bara seperti PT Adaro Energy Tbk, PT Kaltim Prima Coal, PT Arutmin, dan lainnya, untuk membahas RUU Minerbanya. Dari rapat tersebut, diketahui terdapat 13 masalah yang menjadi catatan di sektor minerba.