Berapa Potensi Mineral Di Tambang Raksasa Dompu?

Berapa Potensi Mineral Di Tambang Raksasa Dompu?

Berapa-Potensi-Mineral-Di-Tambang-Raksasa-Dompu?
Berapa Potensi Mineral Di Tambang Raksasa Dompu?

Tak hanya menyerap ribuan tenaga kerja. Tambang bawah tanah raksasa di Dompu, juga akan mengeruk cadangan emas dan tembaga dalam jumlah yang sangat fantastis.

Deposit di sana diperkirakan mencapai 1,7 milliar ton dan mineral yang akan dieksploitasi adalah tembaga, emas, serta logam ikutan lainnya.

Informasi itu disampaikan Kepala Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) NTB, Ir. H. Mohammad Rum, MT kepada Suara NTB, Senin, 13 Juli 2020.

Tambang raksasa di Dompu ini akan dikelola oleh PT. Sumbawa Timur Mining (STM). Saat ini, mereka tengah menuntaskan sejumlah persyaratan untuk melanjutkan rencana mereka.

“Mereka sangat serius. Dia sudah mengeluarkan biaya puluhan miliar rupiah di sana,” kata Rum.

Rum menjelaskan, PT. STM akan memulai studi kelayakan konstruksi tambang raksasa bawah tanah di Dompu ini.

Menurut rencana, pada 15 Agustus 2020 mendatang, STM akan kembali melanjutkan eksplorasi karena sudah mengajukan perpanjangan izin eksplorasi ke Kementerian ESDM.

‘’Dia sudah minta perpanjangan izin eksplorasi ke Kementerian ESDM. Insya Allah 15 Agustus sudah jalan,” sebutnya.

Baca Juga: Negara Penghasil Batu Bara Terbesar di Dunia

Menurutnya, dengan jumlah 1,7 miliar ton mineral, potensi cadangan emas dan tembaga yang terkandung di kawasan tersebut lebih besar dibandingkan potensi emas dan tembaga di tambang Batu Hijau Sumbawa Barat milik PT. Amman Mineral Nusa Tenggara (AMNT).