Benarkah Full Cell Jadi Energi Alternatif Masa Depan?

Benarkah Full Cell Jadi Energi Alternatif Masa Depan?

Benarkah Full Cell Jadi Energi Alternatif Masa Depan?
Benarkah Full Cell Jadi Energi Alternatif Masa Depan?

Perkembangan teknologi di bidang energi telah mendorong penciptaan dan inovasi baru dalam menggantikan peran energi fosil. 

Beberapa negara maju seperti  Eropa dan Amerikaberkomitmen secara penuh dalam berupaya menciptakan inovasi utnuk menggeser bahan bakar fossil.

Hal ini sejalan dengan resolusi  PBB 70/1, Agenda 2030 dalam bentuk Sustainable Development Goals yang diantaranya mencantumkan Climate action dan Clean energy sebagai tujuan global.

Data yang dilansir oleh enviromental protection energy pada Februari 2020. Menunjukkan bahwa gas emisi transportasi saat ini menjadi penyumbang utama gas rumah kaca di Amerika Serikat yaitu sebesar 29 persen. 

Pertumbuhan ini terbilang cepat karena pada 2016 jumlahnya masih di bawah jumlah gas elektrik generation (listrik).

Untuk menyelesaikan masalah tersebut, hadirlah teknologi Battery Electric Vehicle (BEV) dan juga Fuel Cell Vehicle (FCV).

Dua teknologi ini terus berlomba untuk dapat menjadi teknologi yang dominan digunakan di masa depan.

Walaupun BEV saat ini mendominasi pasar mobil 0 emisi, FCV ternyata memiliki potensi yang sama besarnya untuk dapat bersaing dengan BEV.

Riset AMR yang berjudul Hydrogen Fuel Cell Market by Vehicle Type pada 2019 mengatakan bahwa jumlah pasar mobil hidrogen pada 2026 akan mencapai angka USD 42.039 juta, meningkat sebanyak 66 persen dibandingkan dengan tahun 2018.

Namun, keefektifan mobil hidrogen saat ini masih dipertanyakan di kalangan peneliti, Elon Musk sebagai CEO Tesla bahkan menganggap fuel cell sebagai omong kosong dan menyebutnya sebagai “fool cell”.

Mengapa hidrogen menimbulkan pro dan kontra di kalangan peneliti? Apakah Musk hanya berusaha mempertahankan produksi mobil listriknya yang berbasis BEV?

Baca Juga: Mengenal Sosok Ridwan Djamaluddin

Apakah ini merupakan alternatif yang tepat untuk menggantikan bahan bakar fosil? Untuk mengetahui lebih detail, yuk kita baca artikel di bawah ini.