Benarkah Dunia Tambang Tak Lagi Berkilau?

Benarkah Dunia Tambang Tak Lagi Berkilau?

Benarkah Dunia Tambang Tak Lagi Berkilau?
Benarkah Dunia Tambang Tak Lagi Berkilau?

Kota Bangka sedari dulu kala memang begitu termasyur dengan kekayaan (SDA) Sumber Daya Alam tambang berupa timah. Bangka menjadi salah satu penghasil timah terbesar di Indonesia. 

Namun kendati demikian Gubernur Kepulauan Bangka Belitung (Babel), Erzaldi Rosman tidak mau menggantungkan Bangka pada dunia tambang saja.

Perbincangan dalam sebuah talkshow bersama Berita Satu yang bertajuk 60 Minutes With Erzaldi Rosman mengatakan bahwa Babel tidak bisa sepenuhnya bergantung kepada pertambangan, mengingat tambang merupakan sumber daya yang bisa habis dan tidak bisa diperbaharui.

Dalam penjelasannya, apabila tambang sudah habis, maka penggantinya tidak ada.

Selain itu, pemerintah pun akan mengalami tantangan yang besar dan sulit dalam mengelola kawasan yang rusak sebagai akibat dari penambangan.

Gubernur Erzaldi berusaha mencari solusi dari pertambangan yang bisa memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

“Bagaimana kita bisa mengoptimalkan dari sisa-sisa tambang ini? Betul-betul dapat memberikan solusi bagi kesejahteraan masyarakat Bangka Belitung ke depannya. Makanya, di pertengahan jalan ini, tambang sudah tidak menjadi primadona,” ujarnya.

Baca Juga: Benarkah Full Cell Jadi Energi Alternatif Masa Depan?

Sebagai pengganti dari pertambangan, maka Pemprov. Kepulauan Bangka Belitung sudah mentransformasikan dari tambang menuju ke pariwisata.

Pariwisata merupakan sektor menjanjikan yang dapat menghasilkan efek berganda (multiplier effect).