Benahi Kelola Minerba, ESDM Luncurkan Aplikasi Online Pertambangan

Aplikasi Online Pertambangan
Benahi Kelola Minerba, ESDM Luncurkan Aplikasi Online Pertambangan

Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) meluncurkan tiga aplikasi online untuk membenahi tata kelola pertambangan minerba.

Sektor pertambangan minerba telah mengikuti perkembangan teknologi ke arah digital dengan menerapkan aplikasi online guna memperbaiki tata kelola agar efisien, cepat dan produksi.

Adapun aplikasi yang diluncurkan tersebut adalah Modul Verifikasi Penjualan Mineral, aplikasi ini merupakan aplikasi pengembangan Minerba Online Monitoring System (MOMS), berupa modul yang mampu memverifikasi kegiatan penjualan dengan rencana produksi dan pemasaran yang telah disetujui dalam Rencana Kerja Anggaran dan Biaya (RKAB), serta terintegrasi dengan sistem verifikasi yang dilakukan surveyor dalam memastikan kuantitas, kualitas dan kewajiban pembayaran royalti sebelum moda angkut bergerak.

Aplikasi kedua adalah Exploration Data Warehouse, merupakan aplikasi penyimpanan data hasil eksplorasi nasional yang mampu menyimpan database kegiatan pengeboran berupa data collar, assay dan geofisika, serta dukungan manajemen data hasil kegiatan analisa dan intepretasi eksplorasi.

Baca juga: Harga Emas Antam Naik Hari Ini

Aplikasi berikutnya adalah, Exploration Monitoring System, merupakan aplikasi pelaporan kegiatan eksplorasi yang mampu memverifikasi pelaporan hasil eksplorasi, merekapitulasi data sumberdaya dan cadangan seluruh Indonesia serta mampu mengukur kinerja eksplorasi baik itu berupa Bugdet Exploration to Revenue Ratio (BERR), Coverage Area (CA) dan Reserve replacement Ratio (RRR).

Aplikasi ini mampu membantu menyediakan data sebagai dasar perhitungan biaya kompensasi dalam lelang wilayah pertambangan, dan mampu membantu proses perhitungan sumberdaya dan nasional, serta mampu mengamankan data hasil eksplorasi seluruh Indonesia.