Begini Perkembangan Proyek Hilirisasi Nikel PT ANTM

Begini Perkembangan Proyek Hilirisasi Nikel PT ANTM
Begini Perkembangan Proyek Hilirisasi Nikel PT ANTM

PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) terus berupaya mengembangkan proyek bisnisnya, terutama di sektor hilirisasi nikel.

Saat ini, ANTM, sebagai anak usaha holding pertambangan BUMN atau Mining Indonesia Industry (MIND ID), berkolaborasi dengan PT Pertamina (Persero) dan juga PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) untuk mengembangkan sektor hilirisasi nikel. 

Ketiganya membentuk holding Indonesia Battery untuk mengembangkan fasilitas produksi dan pengolahan baterai kendaraan listrik yang terintegrasi dari hulu ke hilir.

Rencana pengembangan rantai industri baterai lithium-ion untuk kendaraan listrik di Indonesia merupakan inisiasi yang dibangun oleh pemerintah. 

Rencana tersebut bertujuan meningkatkan nilai tambah produk nikel nasional dan industrialisasi produk tambang hingga pembangunan ke sektor hilir.

Kehadiran holding tersebut juga merupakan langkah strategis yang sedang dipersiapkan untuk mewujudkan aspirasi pemerintah. 

ANTM yang terkonsolidasi bersama MIND ID akan berupaya mendukung upaya pemerintah meningkatkan nilai tambah komoditas mineral yang lebih strategis.

Selain itu, ANTM juga berpartisipasi dalam hilirisasi nikel melalui proyek pembangunan smelter feronikel di Halmahera Timur. 

Baca Juga: Kronologi Larangan Ekspor Nikel RI dan Gugatan Uni Eropa

Smelter feronikel Haltim line-1 yang dibangun ANTM memiliki kapasitas sebesar 13.500 ton nikel dalam feronikel (TNi) per tahun. 

Sampai saat ini, ANTM telah menyelesaikan uji coba tanpa beban atau no load test terhadap pabrik tersebut dan telah mencapai kemajuan konstruksi sebesar 98%.