Batu Bara Mulai Tinggalkan Pekan Buruknya

Must read

Batu Bara Mulai Tinggalkan Pekan Buruknya
Batu Bara Mulai Tinggalkan Pekan Buruknya

Harga batu bara termal ICE Newcastle pekan ini mulai menguat dan tinggalkan pekan terburuknya setelah sempat ambles 7% seminggu lalu. Harga batu bara ini sempat jatuh dari level US$ 92/ton ke US$ 85,5/ton.

Pada Senin (12/4/2021) harga kontrak batu bara termal yang aktif ditransaksikan di bursa berjangka itu naik 0,82% ke US$ 86,2/ton. Tampaknya kondisi ini menunjukkan jika harga si batu legam sudah menemu titik terendahnya.

Di samping itu, setelah sempat terkendala karena masalah teknis dan cuaca, pelabuhan ekspor Australia pun kembali beroperasi dan membuat harga batu bara tertekan hebat. 

Menukil laman Argus Media, sepanjang 19-30 Maret pelabuhan ekspor Newcastle tak memuat batu baranya karena dua pemuat kapal rusak. Kendati demikian,  ekspor kembali membaik ke level 200 ribu ton per hari pada enam hari pertama bulan April setelah sebelumnya anjlok ke 150 ribu ton per hari di Maret.

Bagaimanapun juga harga batu bara termal Australia masih didukung dengan harga batu bara acuan China yang juga terbilang masih mahal. Di Minggu lalu harga batu bara termal Qinhuangdao naik 7% dan membawanya ke level RMB 748/ton. Harga Mini tentu saja berada jauh di atas rentang target harga pemerintah di RMB 500 – RMB 570/ton. 

Selain itu, tren arus perdagangan batu bara global juga mengalami pemulihan. Hal ini tampak dari aliran perdagangan batu bara yang mengalami kenaikan di bulan November tahun lalu di kisaran 80 juta ton menjadi hampir 100 juta ton pada Desember.

Baca Juga : Salut! RI Masuk Produsen Nikel Terbesar di Dunia

Meski demikian, mulai Januari 2021 volume perdagangan batu bara dunia mulai melandai. Refinitiv melaporkan volume perdagangan di awal tahun justru turun mendekati 80 juta ton lagi. Di bulan Februari impor batu bara dari China dan India juga melambat. Hal ini sempat memicu koreksi harga di bulan pertama tahun ini

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article