Batu Bara Masih Jadi Pilihan Paling Rasional

Batu Bara Masih Jadi Pilihan Paling Rasional

Batu Bara Masih Jadi Pilihan Paling Rasional
Batu Bara Masih Jadi Pilihan Paling Rasional

Energi yang bersumber dari batu bara masih menjadi tumpuan.

Berkat efisiensi dan kestabilan pasokan, menjadikan batu bara masih menjadi pilihan paling rasional untuk pembangkitan listrik di Indonesia.

Batu bara juga menjadi energi termurah saat ini sehingga diandalkan di tengah kondisi Indonesia yang memerlukan banyak energi untuk banyak sektor.

Menurut Ketua Umum Masyarakat Geologi Ekonomi Indonesia-Ikatan Ahli Geologi Indonesia (MGEI-IAGI) Budi Santoso, menyebutkan, harga energi batu bara murah karena keberadaannya menyebar di hampir seluruh Indonesia.

“Batu bara tidak hanya mudah didapat dan murah, juga stabil pasokannya,” ujarnya Rabu (25/11).

Dia juga menyebutkan, hasil penelitian terhadap besaran biaya listrik, energi batu bara masih yang termurah bagi konsumen. 

Ketua Masyarakat Ketenagalistrikan Indonesia, Wiluyo Kusdwiharto menyebutkan produksi listrik yang murah akan mendorong penyediaan listrik ke industri dan bisnis dengan tarif yang kompetitif.

Hal ini akan akan menjadi daya tarik bagi industri. Sebab, harga listrik juga menjadi faktor yang menentukan ease of doing business di suatu negara.

Baca Juga: Batu Bara Menanjak Dekati US$ 70

Karenanya, untuk menyediakan listrik kepada masyarakat, negara harus memenuhi prinsip kecukupan, keandalan, keberlanjutan, keterjangkauan, dan keadilan.

Ia menilai penggunaan batu bara adalah masih yang paling pas untuk Indonesia dan banyak negara.