Batu Bara China Melesu

Batu Bara China Melesu

Batu-Bara-China-Melesu
Batu Bara China Melesu

Permintaan turun di tengah tanda-tanda permintaan pulih, baik oleh pembangkit listrik maupun industri

Impor batu bara China pada Mei turun hampir 20% dibandingkan capaian tahun sebelumnya. Permintaan turun di tengah tanda-tanda permintaan pulih, baik oleh pembangkit listrik maupun industri.

Analis dan industri memperkirakan China akan memperketat aturan impor batu bara pada paruh kedua 2020 untuk mendukung pertambangan domestik. Diperkirakan mulai Juli impor kian ketat. Volume impor diperkirakan terpangkas seperempat dari total batu bara yang didatangkan pada 2019.

Dilansir dari Reuters, data Bea Cukai China yang dirilis pada Minggu (7/6) menunjukkan negara itu mengimpor 22,06 juta ton batu bara bulan lalu. Dibandingkan dengan impor pada April 2020 sebesar 30,95 juta ton dan Mei 2019 sejumlah 27,47 juta ton, impor turun masing-masing 28,72% dan 19,69%.

Sebelumnya dalam lima bulan pertama tahun ini, China mengimpor 148,71 juta ton bahan bakar, naik 16,8% dari periode yang sama tahun lalu.

Baca Juga: Tesla Tower, Dokumen Konspirasi ?

Konsumsi listrik telah meningkat di kalangan pengguna industri dan perumahan. Dipicu peningkatan produksi di tengah pemulihan ekonomi setelah melonggarnya pembatasan untuk meredam wabah covid-19. Sementara rumah tangga mulai menghidupkan AC mereka karena cuaca yang lebih panas.