Batu Bara Cemerlang Nasib Saham Tambang Gemilang?

Batu Bara Cemerlang Nasib Saham Tambang Gemilang?

Batu Bara Cemerlang Nasib Saham Tambang Gemilang?
Batu Bara Cemerlang Nasib Saham Tambang Gemilang?

Indeks harga saham pertambangan batu bara mendorong penguatan dan hijaunya IHSG.

Index ditutup menguat 20 point atau sekitar 0,41% dari perdagangan sebelumnya.

6 sektor mengalami penguatan dan 3 sektor lainnya masih melemah, index masih terbebani oleh sektor finance yang ditutup melemah 0.56%.

Dan juga misc-ind melemah 0.9% dimana didalamnya ada beberapa market mover yang cukup untuk membuat index tertahan kenaikannya.

Walau demikian nampak dari beberapa sektor lainnya seperti MINING dan infrastructure dan trade mengalami penguatan yg cukup signifikan.

Pertambangan terus menguat akan tetapi belum cukup untuk membuat saham-saham MINING terutama coal akan mengalami trending.

Dilihat dari beberapa hari perdagangan ADRO dan PTBA masih belum sanggup melawan pergerakan sentimen lokal dan ditutup dengan candle merah.

ADRO yg sedikit menguat 1,3% masih belum terkonfirmasi untuk mengalami rebound begitu juga dengan PTBA yang masih di tutup melemah 0,5% dari perdagangan sebelumnya.

Analisis Daily Chart Saham ADRO

Walau demikian ADRO secara trend minor masih uptrend dengan support terdekat di area 1090 dan masih nampak potensi kenaikan hingga 1300.

Baca Juga: Menunggu Detail Aturan Wajib Eksplorasi dan DKC

Beda dengan ADRO, PTBA setelah membagikan deviden yg cukup besar yieldnya saham ini belum mampu trending kembali dan masih terus bergerak terbatas di area 1940-2150.

Analisis Daily Chart Saham PTBA

Infrastruc dan Mining adalah kunci untuk index hari ini.

Dengan adanya TLKM (JK:TLKM) di sektor infrastruc dan sentimen COAL untuk Mining tampaknya hal ini sudah cukup untuk membuat index kembali tutup di zona hijau melawan penurunan dari sektor perbangkan yg masih dalam trend turun.

Analisis Daily Chart COMPOSITE

IHSG masih bertahan di support fibo 38 di area 5022 dan membutuhkan konfirmasi break ma 5 di area 5080 untuk early trend mengawali pembalikan arah index ke arah area 5187-5216.