Battery Boom! Fenomena Demand Baterai yang Terus Meroket

Must read

Battery boom belakangan ini menjadi salah satu fenomena demand yang semakin gencar terjadi di belahan dunia. Keadaan ini menunjukkan, adanya peningkatan permintaan pada baterai yang terjadi secara terus-menerus.

Secara umum fenomena ini bisa terjadi karena di berbagai sektor industri kebutuhan akan  baterai sebagai penyimpanan energi menjadi hal yang vital bagi industri-industri yang sedang dalam tahap pengembangan.

Selain itu, terjadinya peningkatan merupakan efek domino dari yang masuknya era revolusi industri 4.0. Dalam situasi ini terjadi penekanan industri terdapat pada digital economy, artificial intelligence, big data, robotic, dan lainnya. Penekanan industri ini juga dikenal dengan fenomena disruptive innovation.

Berdasarkan proyeksi dari Bloomberg NEF, diproyeksikan fenomena ini akan melahirkan investasi sebesar $620 Miliar atau sama dengan Rp 8,928,000,000,000,000 dengan kurs Rp14.400.

Sebelumnya, Bloomberg NEF juga memperkirakan kenaikan global energy sudah dimulai di tahun 2017. Keadaan ini akan terjadi sampai dengan  tahun 2040 sebesar 1 (satu) tera watt dalam waktu kurang lebih dua dekade. Peningkatan ini sekaligus membuat bisnis produksi baterai sebagai salah satu bisnis yang mempunyai masa depan yang cemerlang.

Di samping produksi baterai yang akan meningkat, bisnis pertambangan untuk bahan baku baterai juga ikut melejit. Nikel, kobalt, dan aluminium menjadi komoditas berharga tambang yang dibutuhkan sebagai katoda dari baterai. 

Pada tahun 2019 negara-negara seperti China, sudah lebih awal gencar membuat fasilitas untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Hal tersebut selaras dengan yang terjadi di Indonesia, penambangan nikel dan pembangunan smelter sedang gencar-gencarnya terjadi, terutama di Provinsi Sulawesi.

Adanya peningkatan ini tentu dapat menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi penduduk di masa yang akan datang, bahkan dalam jangka waktu yang panjang. Hal ini diprediksi sebanding dengan rasio jumlah pekerjaan yang ditawarkan dengan jumlah mahasiswa yang ada. 

Baca Juga : Mantab! Indika Energy Terjun ke Bisnis Kendaraan Listrik

Maka dari itu, diharapkan untuk ke depannya fenomena ini dapat meningkatkan peluang untuk mendapatkan pekerjaan yang lebih menjamin kesejahteraan masyarakat di Tanah Air.

Menurut Pendapat Kamu ?

Please enter your comment!
Please enter your name here

Latest article